SEMINAR INTERNASIONAL: PENDIDIKAN DAN GENERASI MASA DEPAN

“Enriching Future Generations: Education Promoting Indonesian Self-Development”, demikianlah tema Seminar Internasional yang digelar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY), Senin-Selasa (27-28/6). Seminar yang diselenggarakan oleh FISE UNY bekerjasama dengan Yale University AS dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rahmat Wahab, M.A. dan dihadiri sekitar 150 peserta baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam sambutannya Rahmat mengatakan pendidikan merupakan strategi untuk mempersiapkan generasi masa depan agar mampu menghadapi setiap tantangan yang muncul di era global. Lebih lanjut Rahmat menambahkan pendidikan harus mempertimbangkan aspek moral karena moral merupakan elemen penting dalam kehidupan.

Koordinator Yale Indonesia Forum, Frank Dhont, M.A., M.Hum., M.Phil.  dalam paparannya mengatakan Seminar Internasional tersebut merupakan seminar yang keempat, sebelumnya diadakan di Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma dan Universitas Diponegoro (UNDIP). Dalam kesempatan tersebut hadir Dirjen Mendidasmen, Prof. Suyanto, Ph.D. sebagai keynote speaker. “Faktor utama yang menentukan perkembangan sebuah bangsa adalah Innovation&Creativity, Networking, Technology, Natural Resources. Menurut data Global Competitiveness Report, Indonesia menempati rangking 54 pada tahun 2009/2010 dan naik menjadi 44 pada tahun 2010/2011 dalam kompetisi tingkat Internasional. Komponen utama yang menyebabkan peningkatan rangking tersebut adalah pendidikan” tegas Suyanto saat menyampaikan pidatonya di depan peserta seminar.

Lebih lanjut Suyanto mengatakan untuk menghadapi era global, pendidikan harus relevan dengan kebutuhan masyarakat (society’s needs). Disamping itu praktik pendidikan di Indonesia harus mampu mendorong siswa untuk menggunakan otak kiri dan kanannya secara seimbang sehingga akan tercipta generasi masa depan yang memiliki kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik, karakter dan berkepribadian yang baik.

“Harapannya dengan adanya seminar ini dapat ditemukan solusi terhadap masalah-masalah yang terkait dengan pendidikan dan generasi masa depan” tutur Dekan FISE UNY, Sardiman AM M.Pd., saat menyampaikan sambutan dan sekaligus secara resmi menutup acara Seminar Internasional yang berlangsung selama dua hari tersebut. (Eko)