SEMINAR NASIONAL DAN OLIMPIADE SOSIOLOGI SMA/MA SE-JAWA

Sabtu (12/11) Hima Pendidikan Sosiologi FIS UNY menyelenggarakan Seminar Nasional dan Olimpiade Sosiologi SMA/MA se-Jawa. Seminar yang mengangkat tema “Refleksi Kebijakan Pendidikan Dalam Menerjemahkan Posisi Guru” ini diikuti oleh berbagai peserta yang berasal dari kalangan guru Sekolah Menengah atas (SMA) dari berbagai sekolah di Pulau Jawa. Selain itu peserta diikuti oleh mahasiswa calon-calon guru dan umum.
Seminar yang membahas tentang dinamika peran guru di ruang akademik dan ruang sosial menghadirkan pembicara Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yakni Drs. Anas M. Adam, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY - Drs. R. Kadarmanto Baskara Aji dan Guru Besar UNY Prof. Zamroni, Ph.D. Seminar berjalan sangat menarik dengan moderator Ketua Jurusan Pendidikan Sosiologi dan para peserta antusias berdiskusi terkait berbagai kebijakan guru terutama dalam upaya mencapai kompetensi profesional dan sosial.
Selain Seminar Nasional, pada hari yang sama Hima Pendidikan Sosiologi juga menyelenggarakan Olimpiade Sosiologi. Olimpiade sosiologi merupakan acara rutin yang diadakan Hima Pendidikan Sosiologi dari tahun 2009. Olimpiade sosiologi tahun ini menggunakan metode yang bervariatif dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena menyesuaikan perkembangan kurikulum dan pembelajaran sosiologi di sekolah. Acara ini terdiri atas dua cabang lomba yakni Sociology Knowledge Competition (SKC) dan Lomba Poster . Peserta berasal dari 70 sekolah di Pulau Jawa.
Sociology Knowledge Competition adalah lomba cerdas cermat yang diikuti oleh peserta yang berasal dari siswa SMA/MA. Lomba ini terdiri atas beberapa babak yang dapat siswa ikuti, mulai dari Babak Penyisihan 1, Penyisihan 2, Babak Debat, dan Babak Final. Pada Babak Final menggunakan metode yang cukup menarik yakni analisis kasus dan role playing menggunakan media wayang. Lomba yang diikuti oleh 133 tim dari berbagai sekolah di Pulau Jawa ini berhasil dimenangkan oleh SMA Tarakanita Gading Serpong yang dapat mengalahkan tim dari SMAN 5 Yogyakarta dan SMAK St. Albertus Malang.
Cabang Lomba dalam Olimpiade Sosiologi yang terakhir adalah lomba poster. Lomba yang diikuti oleh 48 Tim ini terdiri atas dua babak yakni babak pertama dan babak final yang dilaksanakan pada hari Sabtu (12/11). Babak final lomba poster diikuti oleh 10 tim yang berasal dari berbagai sekolah dari Pulau Jawa. Pada babak final ini masing-masing tim mempresentasikan karyanya kepada juri. Pemenang dari lomba poster berasal dari SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang Jawa Timur dengan judul karya “Seimbangkan Budaya Bangsa”, Juara 2 dari SMA 11 Yogyakarta dan Juara 3 diperoleh SMA 1 Pengasih Kulon Progo. (Yoko/End)