SMA N 1 SUMBER REJO TANGGAMUS, LAMPUNG BERKUNJUNG KE FIS UNY

“Kami dari Lampung, dari Pulau Sumatra, tapi sebagian besar dari kami keturunan Jawa jadi banyak yang tidak percaya kami dari Pulau Sumatra” ujar salah satu guru pendamping dari SMA N 1 Sumber Rejo, Tanggamus, Lampung. Rombongan dari SMA tersebut berkunjung ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) dalam rangka study tour dipimpin oleh Tota Situmorang, S.Pd. Rombongan yang berjumlah 83 siswa dengan didampingi beberapa guru pendamping tersebut diterima oleh Wakil Dekan I FIS UNY, Cholisin, M.Si dan staff humas FIS UNY.
Dalam sambutan selamat datangnya, WD I memperkenalkan secara umum tentang UNY pada umumnya dan FIS UNY pada khususnya. Selain itu pada kesempatan tersebut WD I memberikan gambaran tentang animo / minat masyarakat khususnya calon mahasiswa baru (maba) pada tahun 2012 kemarin melalui seleksi SNMPTN (saat ini SBMPTN-red). Untuk jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN), 1260 orang, kuota, Prodi Ilmu Sejarah, 98 orang, Jurusan Pendidikan Geografi , 717 orang, Jurusan Pendidikan IPS 373 orang, Jurusan PKnH 367 orang, Jurusan Pendidikan Sejarah 508 orang, dan jurusan Pendidikan Sosiologi 1234 orang. Dan untuk masing-masing jurusan prodi tersebut yang diterima hanya 50 orang saja. Dengan diberikan gambaran ini diharapkan para siswa bisa mempersiapkan diri untuk jurusan/prodi yang akan dipilih nantinya.
Cholisin menambahkan, untuk saat ini masih banyak yang menilai bahwa ilmu sosial adalah ilmu yang remeh, padahal ketika ilmu sosial bisa mewarnai teknologi dengan teknologi demokratis, maka akan membangun Indonesia dan menjadikan Indonesia semakin maju. “Maka dari itu, bagi siswa yang saat ini duduk di bangku SMA jurusan IPS khususnya, tidak perlu minder dan merasa kurang mampu dari siswa IPA, karena ilmu IPS tidak kalah pentingnya dengan ilmu IPA “ ungkap Cholisin memberi semangat.
Mewakii pimpinan rombongan memberikan sambutan, Drs Budianto yang juga mantan Kepala Sekolah SMA N 1 Sumber Rejo mengiyakan apa yang disampaikan oleh WD I, bahwa IPS merupakan ilmu yang sangat strategis untuk menentukan masa depan bangsa. Selain itu, Budianto juga menyampaikan, “Tujuan kunjungan kali ini selain ingin mengetahui lebih jauh tentang UNY, khususnya FIS UNY juga ingin memberi gambaran dan motivasi kepada anak didik mereka tentang Universitas yang ada di Yogyakarta. Diharapkan mereka akan tertarik untuk menjadi mahasiswa di UNY” ungkapnya. (sari)