SMA N 12 KOTA TANGERANG GOES TO CAMPUS

SMA N 12 Kota Tangerang Selatan goes to Campus, demikian nama kegiatan kunjungan SMA N 12 Kota Tangerang Selatan ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang dilaksanakan pada hari Rabu (31/10/2018). Rombongan diterima di Ruang Ki Hajar Dewantara oleh Kabag TU FIS dan tim Humas. Dalam sambutannya Kabag TU FIS UNY, Yuyun Farida, M.Biotech mengatakan bahwa FIS merupakan salah satu Fakultas di UNY. FIS memiliki 7 Jurusan dan 8 prodi yaitu Prodi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Pendidikan Geografi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah,  Prodi Pendidikan Sosiologi, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Komunikasi. “Untuk profil masing-masing prodi akan dijelaskan lebih lengkap oleh tim Humas” jelas Yuyun

Sementara itu, guru pendamping dari SMA N 12 Kota Tangerang Selatan, Dr. Saijan, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan kunjungan adalah untuk membekali para siswa dengan informasi tentang dunia kampus sehingga siswa memiliki wawasan luas dan lebih siap untuk menapaki jenjang pendidikan di perguruan tinggi. “Saya menyadari bahwa berbagai informasi tentang kampus dapat dicari melalui internet akan tetapi akan lebih jelas kalau kita datang ke kampus dan mendapatkan penjelasan langsung, sehingga saya harap para siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya tentang informasi berkaitan dengan FIS UNY” paparnya.

Pada kesempatan sama, Nur Lailly Tri Wulansari, S.Ikom selaku staff humas dan kerjasama dalam negeri FIS UNY memaparkan tentang Profil FIS UNY. Ia mengawali presentasinya dengan menjelaskan tentang capaian-capaian FIS dan UNY. UNY yang dahulunya adalah IKIP (Institute Keguruan dan Ilmu Pendidikan) telah terakreditasi A. Selain itu, UNY juga masuk kedalam klaster 1 pemeringkatan versi Kemenristekdikti. “Capaian ini menunjukkan bahwa UNY memiliki kualitas sebagai tempat tujuan para siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi” jelasnya

Salah satu Fakultas di UNY, lanjut Sari, adalah Fakultas Ilmu Sosial. Fakultas ini memiliki 8 prodi dimana 6 diantaranya telah terakreditasi A dan 2 lainnya terakreditasi B. Dalam mendukung kegiatan perkuliahan, FIS UNY sering mendatangkan dosen tamu baik dari dalam maupun luar negeri seperti Dr. Brian Doucet  dari Utrecht University Belanda, Dr. Max Lane dari Victoria University Australia, Edouard De Belizal, Ph.D. dari University Paris 1 Sorbonne, Dr. Sonia roitman dari The university of Queensland, Australia dan sebagainya.

Sari menambahkan, FIS juga telah menjalin kerjasama dengan institusi partner baik dari dalam maupun luar negeri. Institusi partner dalam negeri antara lain Badan Arsip dan Perpustakaan Prov. Jateng, FPIPS UPI, Lembaga Ombudsmen Daerah, Pasca sarjana UNIMED, Desa Mulyodadi Bambanglipuro Bantul, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ikatan Pustakawan Indonesia DIY sedangkan Institusi partner luar negeri FIS terdiri dari University of Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia, Kasesart University Thailand, UPSI Malaysia, University of the Philippine Dilliman. Pada akhir presentasinya, Sari mengajak para siswa untuk follow akun media sosial FIS untuk mendapatkan update informasi tentang FIS UNY. (Eko)