Solidaritas Dakwah Jama’ah Al Ishlah FIS UNY

Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Jama’ah Al Ishlah gelar bakti sosial di Pesantren TPA Baitul Qur’an dusun Sawahan, Trimurti, Srandakan, Bantul, DIY (10/11). Al Ishlah mengemas rangkaian agenda bakti sosial dengan nama SAJADAH (Solidaritas Dakwah Jama’ah Al Ishlah). Berbeda dengan SAJADAH sebelumnya, kali ini UKMF Al Ishlah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) bekerjasama dengan UKMF Al Fatih Fakultas Ekonomi (FE) UNY.

Agenda yang merupakan progam kerja Departemen Syiar ini diharapkan mampu melatih sikap berbagi kepada setiap pengurus Al Ishlah dan sekaligus menyampaikan syiar kepada masyarakat luas. SAJADAH juga merupakan langkah nyata dari rasa solidaritas antar sesama muslim serta kepedulian terhadap sosial sehingga Al Ishlah sebagai Lembaga Dakwah Kampus tidak hanya dirasakan keberadaanya di UNY saja tetapi juga di masyarakat luas. 

SAJADAH dikemas dengan konsep yang ceria dan penuh games karena kegiatan ini diadakan untuk santriwan dan santriwati Baitul Quran yang mayoritas masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Acara diawali dengan cerita yang disampaikan oleh Ustadz Didik dengan menggunakan boneka flanel. Cerita tersebut mempunyai hikmah bahwa setiap manusia harus bisa memberikan kemanfaatan kepada orang lain. Keceriaan semakin terlihat saat diadakan game “perang dunia”. Dalam kesempatan tersebut para santri juga diberi kesempatan untuk melakukan kreatifitas  dengan menghasilkan berbagai bentuk origami.

Ketua panitia SAJADAH, Ardiantoro, mengungkapkan bahwa SAJADAH yang merupakan agenda tahunan Al Ishlah telah berjalan dengan baik. Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS tersebut menambahkan SAJADAH merupakan agenda yang luar biasa, karena mengajarkan mengenai indahnya berbagi kebahagiaan kepada masyarakat. (Imam/Eko)