SOSIALISASI DAN PELATIHAN MEMBIMBING PENYUSUNAN PROPOSAL PKM BAGI DOSEN

Modal dasar dalam penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) antara lain membaca dan memahami buku panduan yang disediakan, memahami perbedaan berbagai jenis PKM dan bentuk-bentuk penulisan karya lainnya, memahami kelengkapan yang diperlukan, mematuhi format dan sistematika penulisan yang telah ditetapkan, dan memahami tentang “yang diijinkan” dan “yang tidak diijinkan” misalnya jumlah halaman dan sumber penulisan. Demikian disampaikan oleh Sukinah, M.Pd. dalam acara Sosialisasi dan Pelatihan Membimbing Penyusunan Proposal PKM Bagi Dosen. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY pada hari Kamis (24/10/2019). Peserta kegiatan merupakan dosen di lingkungan FIS UNY.

Lebih lanjut Sukinah menjelaskan, banyak topik yang dapat dikembangkan menjadi proposal PKM misalnya pembuatan alat pendeteksi bencana tanah longsor, gempa bumi, atau letusan gunung Merapi. “Namun perlu diperhatikan bahwa dalam menciptakan sebuah alat harus memeriksa terlebih dahulu apakah alat tersebut sudah pernah dibuat sebelumnya. Jika sudah pernah maka alat baru harus memiliki pembeda dengan alat yang sudah ada sebelumnya” ujarnya.

Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY tersebut menambahkan, keberlanjutan dari sebuah program atau produk yang dikembangkan dalam proposal PKM juga menjadikan nilai tambah contohnya kompor batik “Astutik” karya mahasiswa Fakultas Teknik UNY sampai sekarang masih dikembangkan dan sering mengikuti event tingkat nasional meskipun program PKM sudah selesai.

Bapak dan Ibu dosen pembimbing PKM juga harus mengingatkan mahasiswa yang menjadi bimbingannya terkait dengan akses data penelitian, manfaat penelitian dan luaran PKM yang berupa laporan kemajuan, laporan akhir, laporan artikel ilmiah, dan laporan produk. “Seringkali para mahasiswa membuat judul PKM yang bombastis akan tetapi pada pelaksanaanya mengalami kesulitan dalam pengambilan data. Dalam hal ini, dosen pembimbing juga perlu mengawal pemilihan judul dan keterjangkauan data” paparnya

“Hal yang tidak kalah penting dalam pembuatan proposal PKM adalah metode penelitian yang memiliki bobot penilaian yang cukup besar disamping kreativitas, dan kontribusi sehingga penggunaan metode penelitian juga perlu menjadi perhatian para dosen pembimbimg PKM”imbuhnya (Eko)