STAKEHOLDER GEOGRAFI BERI MASUKAN UNTUK KURIKULUM 2013

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) bersama Ikatan Geografi Indonesia (IGI), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi D.I. Yogyakarta (DIY), Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI) dan Dosen Pendidikan Geografi FIS UNY menggelar diskusi untuk membahas mata pelajaran Geografi pada Kurikulum 2013 di Ruang Cut Nyak Dien FIS UNY, Selasa (5/02).

Ketua Umum IGI, Prof. Dr. Suratman Worosuprojo, M.Sc., menjelaskan bahwa diskusi tersebut digelar dalam rangka pengembangan mata pelajaran Geografi pada kurikulum 2013 yang diajarkan kepada siswa jurusan Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) Sekolah Menengah Atas (SMA). Mata Pelajaran Geografi diyakini mampu membentuk jiwa wawasan nusantara, cinta dan bela wilayah. Disamping itu, Geografi lebih menitikberatkan pada pematangan substansinya yang mengarah kepada pengembangan keilmuan geografi yang diintegrasikan pada pembelajaran karakter dan agama serta menanamkan nilai-nilai kekinian tentang isu yang berkembang di lingkungan. “Dalam pertemuan ini akan dibahas pentingnya Geografi diajarkan pada semua SMA,” imbuh Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut.

Lebih lanjut Prof. Ratman berharap pertemuan tersebut dapat memberikan masukan untuk perbaikan mata pelajaran Geografi pada Kurikulum 2013 mengingat pada bulan Maret 2013 akan dikeluarkan Buku Babon Guru yang berisi Silabus, Panduan Pembelajaran dan Penilaian Mata Pelajaran serta Buku Teks Pelajaran. “Kita dapat memberikan masukan untuk perbaikan mata pelajaran Geografi pada pemerintah pusat sebelum bulan Maret 2013”, tegasnya.

Hasil yang sudah didapat pada pertemuan tersebut akan ditindaklanjuti pada pertemuan berikutnya yang akan membahas tentang indikator pada silabus pelajaran Geografi tingkat menengah di Universitas Gadjah Mada pada tanggal 9 Februari 2013. (khaidir/Eko)