TINGKATKAN PUBLIKASI SEMINAR INTERNASIONAL, FIS UNY KUNJUNGI KANTOR KR, TRIBUN JOGJA, DAN HARIAN JOGJA

Sebanyak tiga seminar internasional akan diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada bulan September tahun ini. Seminar tersebut adalah 2nd International Conference of Social Sciences and Education (2nd ICSSED), International Conference on Social Studies, Moral, and Character Education (ICSMC-2018), dan International Conference on Hazard Mitigation in Geographic and Education Perspectives (ICHMGEP).Dalam rangka meningkatkan publikasi seminar, FIS UNY melakukan kunjungan ke kantor SKH kedaulatan rakyat, Tribun Jogja dan Harian Jogja pada hari Selasa (22/5/2018). Rombongan FIS terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Tim U2IK (Unit Urusan Internasional dan Kerjasama) FIS, dan perwakilan jurusan yang menjadi panitia seminar internasional. Tujuan kunjungan salah satunya adalah mempublikasikan agenda seminar internasional yang diselenggarakan oleh FIS UNY. “Kedatangan kami kemari adalah untuk mempublikasikan agenda seminar internasional FIS UNY tahun 2018”jelas Dekan FIS UNY saat bertemu dengan Pemimpin Redaksi (Pemred) SKH Kedaulatan Rakyat.

Rombongan FIS UNY yang mengawali kunjugannya ke kantor SKH Kedaulatan Rakyat disambut oleh Pemred SKH Kedaulatan Rakyat, Drs. Octo Lampito, M.Pd, didampingi salah satu wartawannya. Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag., menyampaikan bahwa tiga seminar Internasional FIS UNY tahun ini diselenggarakan pada level fakultas maupun program studi. serta mengangkat tema yang berbeda-beda. 2nd ICSSED mengambil tema tentang Digital Social Sciences, Humanities, and Education; ICSMC tentang Social Studies, Moral, and Character for Sustainable Development; dan ICHMGEP tentang Hazard Mitigation in Geographic and Education Perspectives. Tema-tema tersebut diambil berdasarkan perkembangan isu-isu terkini. Seminar akan menghadirkan pakar dari berbagai belahan dunia antara lain dari Jepang, Belanda, Thailand, dan negara asia lainnya. Ajat berharap para akademisi, praktisi, dan mahasiswa dapat ikut serta dalam kegiatan ini untuk bertukar ide dan gagasan dalam rangka pengembangan keilmuan.

Kunjungan FIS berlanjut ke Kantor Tribun Jogja di Jalan Jendral Sudirman No.52 Yogyakarta. Dyna herlina, M.Sc selaku ketua panitia Seminar Internasional 2nd ICSSED menjelaskan latar belakang diselenggarakan seminar. Penyelenggaraan 2ND ICSSED merupakan upaya FIS UNY merespon perkembangan dunia digital yang marak. Pesatnya perkembang digital terebut akan digali dalam aspek social science. Ribut Raharjo menyambut baik kegiatan seminar karena tema-tema yang diambil merupakan tema aktual dan hasil-hasil penelitian akan dipaparkan dalam forum yang akan menghadirkan para ahli dibidangya. Tidak hanya seminar kali ini saja, Ribut bahkan menawarkan kerjasama dengan FIS UNY untuk publikasi hasil-hasil penelitian.“Selain publikasi seminar, kami akan membantu publikasi hasil-hasil penelitian FIS UNY yang dikemas menggunakan bahasa populer sehingga mudah difahami oleh masyarakat umum” ungkapnya

FIS mengakhiri kunjungan media di kantor Harian Jogja. Sama halnya dengan kunjungan ke kantor media sebelumya, rombongan FIS diterima oleh Pemred Harian Jogja, Anton W dan salah satu wartawannya. Anton menyambut dengan hangat kehadiran rombongan FIS UNY. “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan FIS UNY. Kami selaku awak media akan membantu publikasi kegiatan ini” paparnya. (Eko)