TINGKATKAN WAWASAN INTERNASIONAL, MAHASISWA FIS IKUTI PROGRAM SIT IN DI UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIA

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) mengikuti kegiatan Sit in di Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan Universiti Kebangsaan Malaysia (FSSK UKM) pada tanggal 12-26 November 2017. Sit in ini diikuti oleh 10 mahasiswa FIS UNY dari beberapa jurusan seperti Asyif Awaludin Romadhoni (Pendidikan Sejarah), Larasatri Nuansari (Pendidikan Geografi), Achmad Nur (Ilmu Administrasi Negara), Analisa Yudika (Ilmu Komunikasi), Anisah Ulfah Nur’Aini (PKnH), Ewinda Adlina Hashifa (Pendidikan Sosiologi), Mita Safir Fadilla (Ilmu Administrasi Negara), Parama Andhis Wanodya (Ilmu Sejarah), Riskiyanto Bahrul Ulum (Pendidikan IPS), dan Yoga Ardy Wibowo (Pendidikan Sejarah).

Selama dua minggu, mereka melakukan berbagai kegiatan di Universiti Kebangsaan Malaysia seperti kuliah, UKM Integrated International Conference 2017, Social Experiment, 2nd UKM World Art Festival, dan beberapa kegiatannya lainnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat kerjasama antara FIS UNY khususnya dengan FSSK UKM. Di samping itu, kesepuluh mahasiswa tersebut diharapkan mampu membandingkan pendidikan antara di Indonesia dengan Malaysia dan bertukar ide gagasan dalam beberapa hal. Selain itu, mereka berusaha menjalin relasi antara ormawa di FIS UNY dengan Persatuan Mahasiswa FSSK UKM. 

”Di sini kami tidak hanya mengikuti kegiatan perkuliaham saja, tetapi kami menjalin relasi dengan Persatuan Mahasiswa FSSK ini. Kami melakukan kunjungan antar-ormawa dan bisa sharing bersama” Ujar Mita. Mereka juga melakukan observasi untuk mengkaji pengembangan Ilmu Sosial di FSSK melalui UKM Integrated International Conference 2017. “Kalau di FIS UNY ada MASISKA (Majelis Studi Ilmu Sosial Ke-Indonesiaan), sedangkan dalam keguiatan ini kita memperoleh pengetahuan dan dapat sharing pengembangan ilmu sosial di UKM. Banyak ilmu yang kita ambil dari program ini” kata Achmad Nur. (AR/Eko)