TRAINING OF TRAINER KPK FOR PUBLIC ADMINISTRATION’S STUDENTS

Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (IAN) selenggarakan Training of trainer KPK dengan tema “Membentuk Jiwa Administrator yang Berintegritas”. Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan KPK dan merupakan lanjutan kegiatan tahun sebelumnya. Kegiatan yang diselenggarakan  pada bulan Mei 2014 tersebut dihadiri oleh puluhan mahasiswa IAN.
Tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan bekal dan pedoman bagi mahasiswa Administrasi Negara agar menjadi administrator yang berintegritas. Selain itu, memberikan pengetahuan dan pembekalan nilai-nilai integritas melalui permainan dengan memprioritaskan nilai jujur dan berani dalam melaksanakan tugas-tugas yang diamanahkan. Harapan kedepannya agar mahasiswa Jurusan Administrasi Negara FIS menjadi administrator yang berintegritas dan berkontribusi mewujudkan indonesia lebih baik.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan pembicara Wuryono Prakoso dan Riyan yang ahIi dalam Pendidikan dan Penyuluhan Masyarakat KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Pelatihan dibagi menjadi dua kegiatan yaitu pemberian materi dan permainan yang menumbuhkan imajinasi.  Dalam kegiatan tersebut, peserta yang aktif dalam mengikuti serangkaian kegiatan selama dua hari diberikan reward. Reward yang diberikan bertujuan memberikan rangsangan agar para peserta terus bersemangat untuk mengikuti acara ini. Selain itu, pemberian reward juga diberikan kepada kelompok yang dinilai aktif dan kompak serta memiliki nilai lebih dalam mengutarakan ide-ide mewujudkan indonesia lebih baik. Terbukti pada saat sesi permainan memunculkan gagasan dan harapan peserta untuk mewujudkan indonesia lebih baik, salah satunya pada sesi impian Indonesia 2045 terdapat gagasan memberikan pelayanan publik selama 24 jam ditunjang teknologi yang sudah canggih dan SDM berkualitas. Sehingga terwujudnya PRIMA (Pelaksanaan Revitalisasi Integritas dan Mental Administrator) akan lebih mudah.
Pada akhir acara serta, Lena Satlita, M.Si selaku Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS UNY mengucapkan terimakasih dan harapannya,”Terimakasih atas kesempatan dari KPK yang telah memberikan TOT pada mahasiswa IAN. Semoga kedepan mahasiswa kami menjadi administrator yang lebih berintegrasi, jujur dan berani bertindak dalam hal kebaikan sesuai dengan harapan kita semua”. Lena juga berharap kerjasama ini akan terus berjalan dan ada tindak lanjut secara riil dari pelatihan ini dengan kemasan yang lebih menarik lagi. [Ihda]