UKMF PENELITIAN SCREEN BERSAMA MEDIA JARINGAN HMPG FIS GELAR SEKOLAH MEDIA

UKMF Penelitian SCREEN dan Media Jaringan HMPG Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) gelar Sekolah Media yang diikuti oleh mahasiswa FIS UNY. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kuliah 7 FIS UNY mulai pukul 17.00 WIB - selesai selama empat kali pertemuan dengan materi yang berbeda-beda. Kegiatan Sekolah Media yang diadakan pada bulan Oktober dan November 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Mahasiswa FIS UNY dalam desain dan fotografi.

Materi yang disampaikan dalam sekolah media tersebut antara lain pengenalan dasar CorelDraw oleh Roni Wijayanto (Mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2017 FIS UNY) misalnya seperti tool yang digunakan untuk membuat desain. Pada sesi ini, para peserta mendapat kesempatan untuk berlatih membuat desain poster sederhana dengan dibantu panitia.

Selain materi tentang Corel Draw, disampaikan pula materi tentang dasar-dasar Fotografi dan cara-cara untuk setting kamera agar mendapatkan foto yang bagus oleh Wisnu Sulaindra (Mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2017 FMIPA UNY). Materi lainnya adalah tentang Fotografi Jurnalistik, yaitu teknik atau cara yang digunakan untuk mendapatkan foto tepat pada saat momen penting dalam sebuah acara.

“Mengikuti sekolah media menambah wawasan dan skill saya tentang CorelDraw dan Fotografi Jurnalistik. Pemateri menyampaikan secara jelas dan menarik sehingga sebagai pemula dapat belajar dengan enjoy. Semoga acara ini dapat diadakan lagi tahun depan” jelas mahasiswa Administrasi Publik FIS UNY 2019, Duniarti Ayu F., yang mengikuti sekolah media tersebut

Sementara itu peserta lain yaitu Indana Zulfa Saputri (Pendidikan Sejarah FIS UNY 2019) juga mengungkapkan pesan kesannya selama mengikuti sekolah media. “Kegiatan sekolah media seru dan asyik dengan tempat yang nyaman. Selain itu, pemateri interaktif dan kegiatan ini banyak memberikan manfaat. Semoga acara kedepannya dapat dilaksanakan secara on time” tuturnya.

Panitia penyelenggara berharap kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa FIS UNY untuk  mengenal desain dan fotografi yang kemudian dapat ditingkatkan dengan mempraktekannya langsung sehingga dapat berguna dalam kehidupan mahasiswa. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan menjadi bekal bagi peserta untuk  mengikuti berbagai perlombaan desain maupun fotografi sehingga meningkatkan citra fakultas khususnya dan universitas pada umumnya. (Eko)