UNY BERI SANTUNAN KEPADA KORBAN MENINGGAL ERUPSI MERAPI

“Maturnuwun Pak Nggeh, mugi-mugi niki saget meringankan beban Nana lan adinipun”, demikian yang diungkapan Banjir , Pakde dari Septi Nur Rakhmawati, mahasiswi prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi  Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) saat Dekan FISE UNY, Sardiman, AM. M.Pd didampingi kasubag Pendidikan Dra. Trina Wahjuni dan staff humas FISE menyerahkan bantuan/santunan uang tunai sebesar 5 juta rupiah dari UNY kepada keluarga korban yang diterima oleh Ratna kakak Septi Sabtu siang (27/11) lalu.
Sardiman saat menyampaikan amanah dari UNY menyampaikan bahwa santunan ini mungkin tidak seberapa, tetapi harapannya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Santunan dari UNY diberikan 1 hari sebelum Nana sapaan Ratna kembali ke Jambi untuk bekerja sebagai tenaga medis. Yaya sang adik pun tidak mau ditinggal di Jogja bersama keluarganya  ataupun keluarga yang mau mengangkat anak dirinya. Yaya yang saat ini masih belajar di SD N Bronggang Baru (SD Inpres) ini rencananya akan meneruskan belajar di Jambi bersama dengan Ratna.
Ratna bersama banjir menyampaikan setelah kondisi memungkinkan , kemarin bersama beberapa keluarga menengok rumah di Bronggang, Umbulharjo, Cangkringan tempat Bapak, Ibu, Septi beserta adik bungsunya meninggal diterjang awan dan lahar panas merapi awal bulan lalu. Ratna menuturkan, kondisi rumahnya saat ini untuk yang bagian depan atau inti rumah masih utuh dan penuh abu dan pasir. Namun dapurnya rusak karena terbakar. Sedangkan hewan peliharaan Bapak (Topo) yang berprofesi sebagai Kepala Sekolah di SDN Sukorini Manisrenggo Klaten, mati semua. Seperti burung dan ayam Bangkok yang bernilai puluhan juta rupiah serta  bebek dan menthok yang dipelihara di halaman belakang pun juga tidak ada yang terselamatkan. Untuk itu Ratna sangat berterimakasih atas bantuan /santunan yang diberikan oleh UNY. Semoga meski tidak seberapa dapat mengangkat sedikit beban yang ada bagi Nana dan Yaya, itulah yang menjadi harapan kita semua keluarga besar FISE UNY. (Sari)