WAHYUDI MAHASISWA PRODI AN WAKILI MIX TEAM PANAHAN UNY

“Perlombaan Mix team yang baru pertama kali diadakan adalah pertandingan paling menantang selama mengikuti kejuaraan panahan. “ Sekelumit kesan yang disampaikan Wahyudi Iman Satria, mahasiswa prodi Administrasi Negara (AN) Jurusan Pendidikan Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) kepada reporter Website FIS UNY  setelah mengikuti kejurnas Panahan yang digelar di UNY
beberapa waktu lalu.

Wahyudi bersama tim berhasil mengantarkan UNY menjadi juara umum Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan Antar Mahasiswa Se-Indonesia 2011 yang digelar di UNY (27-30/11) lalu. Dalam kejuaraan tersebut wahyudi berhasil menyumbangkan 3 emas dan 2 perunggu, dari total perolehan medali UNY 9 emas, 8 perak dan 7 perunggu.  Wahyudi meraih Medali emas pertama dalam nomor kejuaraan  individu, emas kedua nomor kejuaraan beregu ronde nasional dan 1 emas dalam nomor kejuaraan Mix team ronde nasional.

Pria kelahiran Samarinda, 17 September 21 tahun lalu ini menceritakan tantangan yang dialaminya. Wahyudi bercerita pertandingan Mix team adalah yang paling mengesankan dari semua nomor kejuaraan yang diikuti. Hal ini dikarenakan nomor kejuaraan ini baru pertama kali diadakan. Siapa yang bertanding dalam nomor kejuaraan ini adalah pemain terbaik secara score dari masing-masing tim atau universitas. Dengan berhasil meraih emas hal ini juga merupakan pembuktian Wahyudi mejadi ‘the best man’  dalam kejuaraan tersebut. Dalam nomor kejuaraan ini Wahyudi bekerjasama dengan Furi Nike Susanti dari Fakultas Ilmu Keolahragaan  (FIK) UNY.

Dalam kesempatan tersebut Wahyudi juga menggambarkan bahwa kejuaraan ini digelar dalam rangka persiapan menghadapi POMNAS 2013 dimana Provinsi DIY menjadi tuan rumahnya. Panitia kejurnas kali ini nantinya juga yang akan menjadi panitia POMNAS kejuaraan panahan mendatang. Untuk itu, tim panahan UNY digadang menjadi juara umum pada POMNAS mendatang. Tidak hanya mentargetkan juara umum POMNAS 2013, Wahyudi menambahkan apabila menjadi juara umum pada POMNAS 2013, otomatis dia dan timnya mendapat tiket langsung mengikuti kejuaran POM ASEAN yang akan digelar akhir 2013.

Saat ditanya peluang UNY lolos menjadi juara umum POMNAS 2013, dengan penuh keyakinan Wahyudi mengungkapkan bahwa peluang UNY besar, hal ini dikarenakan kedisiplinan dan dukungan yang diberikan oleh pelatih Yudik Prasetyo, M.Kes yang saat ini juga menjabat sebagai ketua jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi (PKR) FIK UNY. Ditegaskankan Wahyudi, “Keberhasilan tim panahan UNY menjadi juara umum tak lepas dari peran pelatih yang selalu mengawal dan memfasilitasi atletnya untuk bisa memberikan hasil yang terbaik. Untuk itu, Saya optimis UNY bisa menjadi juara nasional di POMNAS 2013 mendatang.” Ungkapnya penuh semangat. Semoga keyakinan Wahyudi dan atlet lainnya bisa menjadi jalan bagi tim panahan UNY mewujudkan impiannya menuju POM ASEAN 2013. (Sari)