Yang Muda Belajar ke Yang Tua

Yogyakarta sudah terkenal dengan sebutan kota pelajar, terbukti dengan sudah banyak berdirinya sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi ternama, diantaranya adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Hal itu merupakan salah satu alasan dari Universitas Tanjungpura (UNTAN) Kalimantan Barat berkunjung ke UNY khususnya ke Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial. " Dilihat dari sisi substansinya, para mahasiswa pendidikan sosiologi pasti juga belajar mengenai teori-teori, mahasiswa dari UNTAN ingin belajar bersama atau bertukar pikiran dengan UNY, dan di Yogyakarta sendiri selain terkenal dengan beragam budaya dan tradisinya, Yogyakarta juga sebgai pusat pendidikan" ungkap Prof. Dr. Yohanes Bahari, salah satu dosen pembimbing dari UNTAN.
Mahasiswa-mahasiswi UNTAN mengunjungi UNY pada Senin (10/2) lalu sebelumnya telah berkunjung ke Universita Negeri Semarang (UNNES). Sesampainya di UNY para mahasiswa UNTAN langsung disambut oleh mahasiswa Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta (HIMA DILOGI UNY). Setelah sejenak menikmati suasana lingkungan kampus UNY, para mahasiswa-mahasiswi UNTAN beserta dosen pendampingnya langsung disambut dan berdiskusi di  ruang Ki Hadjar Dewantara.
Dalam kunjungannya kali ini kawan-kawan dari UNTAN dan UNY saling berbagi hal, diantaranya bercerita mengenai mata kuliah yang diajarkan pada masing-masing universitas. " Mata kuliahnya di UNTAN pun masih mengikuti kondisi masyarakat" ujar Paulina, salah satu mahasiswi UNTAN. Paulina juga menambahkan bahwa fasilitas yang ada di UNY jauh lebih bagus dibandingkan yang ada di kampus mereka. “Secara keseluruhan, fasilitasnya lebih bagus UNY, fasilitas ruangannya pun lebih bagus UNY Di UNY setiap ruangan sudah menggunakan AC, dan punya kami belum" imbuhnya.
Salah seorang dosen pembimbing dari UNTAN mengatakan beberapa alasan kenapa mereka datang berkunjung ke UNY dan UNNES. Salah satu alasannya adalah karena UNY telah berdiri terlebih dahulu ketimbang UNTAN. "Yang muda belajar ke yang tua" ungkap dosen pembimbing dari UNTAN tersebut. Ia menambahkan, mengenai keinginannya terhadap kelancaran kegiatan ini.
Para mahasiswa baik dari UNTAN dan UNY berharap manfaat dari kunjungan kali ini tidak berhenti sampai hari itu saja. " Saya berharap semoga silahturohmi kita tidak berhenti sampai disini saja, dan ini juga termasuk acara pertama dari Fakultas kami. Saya juga berharap semoga adik-adik tingkat kami juga dapat berkunjung kesini di UNY lagi" harap Sopia, Mahasiswi dari UNTAN. (Sulik, dkk)