Yudisium Periode Januari : Belajar dari Kesalahan

Meraih predikat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Cumlaude memang susah-susah gampang. Hal ini saya rasakan waktu duduk di bangku perkuliahan. Dalam mengikuti pelajaran di kelas dibutuhkan konsentrasi dan selalu percaya diri terhadap apa yang bisa kita kerjakan, lebih baik mengerjakan tugas sendiri semampunya daripada nyontek atau copy paste kepunyaan teman. Tidak perlu malu bertanya di kelas bila mengalami kesulitan ataupun dalam mengerluarkan pendapat. Belajar dari kesalahan itulah yang penting harus kita lakukan. Sehingga dari kesalahan tersebut kita cari tahu penyebabnya lalu kita perbaiki, demikian ucap Asri Indah Kurniadewi peraih IPK Tertinggi 3,71 Jurusan Manajemen FISE UNY pada upacara yudisium periode Januari 2011 yang diselenggarakan di ruang Ki Hajar Dewantara FISE UNY pada (31/1) yang diikuti sebanyak 106 peserta. Acara dihadiri Dekan, Pembantu Dekan I, II, Ketua Senat, Sekretaris Senat, Kajur/Kaprodi dan Kabag/Kasubag.

Lanjut Asri yang juga Alumni SMA N 1 Yogyakarta  mengatakan, supaya tidak bosan belajar monoton di kelas kita bisa mencari pengetahuan dan wawasan dari kegiatan yang lain. Misalnya dengan aktif berorganisasi, kuliah sambil kerja seperti yang saya lakukan saat mengisi waktu luang dengan bekerja sistem partimer.  Waktu itu saya pernah bekerja jadi Sales Promotion Girl (SPG) Produk Susu Formula, Magang di Telkom selama 3 bulan Juni-Agustus 2010 bahkan pernah jadi Instruktur Senam.

Selain itu, jangan menyerah begitu saja pada keadaan. Apa yang kita inginkan harus dikejar walau sampai ke negeri orang. Dan selalu optimis bahwa kita pasti bisa menggapainya, ucapnya.  

Lain halnya dengan Romi Kurniawan Jurusan Pendidikan Akuntansi FISE UNY peraih IPK 3,40 yang selalu aktif berorganisasi selama perkuliahan hingga tidak ada waktu untuk kerja partimer. Selama ini ia pernah menjabat  Ketua UKMF AL Islah FISE UNY Periode 2009 – 2010, Takmir Masjid Al Mujahiddin UNY Bagian Pelayanan Jamaah dan Ketua Divisi Keilmuan Keluarga Muslim NTB periode 2010.

Adapun kesan Romi saat kuliah di FISE UNY, “Saya bangga menjadi mahasiswa FISE UNY, yang mana Pendidikan Karakter diaplikasikan dalam perkuliahan sehingga saat ini sudah mulai muncul benih-benih dari Pendidikan Karakter baik dari Top Leader maupun bawahan. Sangat terlihat sekali dari penampilan dan sikap perilaku yang menunjukkan kemajuan ke arah yang lebih baik”, ucapnya. (Isti)