YUDISIUM PERTAMA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNY

Selamat atas keberhasilan dan prestasi yang saudara raih karena saudara telah menyelesaikan jenjang pendidikan yang saudara ikuti baik D3 maupun S1. Mulai hari ini, saudara sudah dapat membubuhkan gelar S.Pd atau A.Md di belakang nama saudara. Semoga keberhasilan saudara pada hari ini akan diikuti keberhasilan pada fase-fase berikutnya atau pada bidang-bidang lainnya. Demikianlah sambutan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogayakarta (FIS UNY), Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag. di depan 42 mahasiswa peserta Yudisium periode Oktober 2011 di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY, Kamis (27/11). Sebagai alumni FIS kami berharap saudara dapat berperan sebagai ujung tombak yang akan mempromosikan kebaikan FIS UNY di lingkungan tempat kerja dan tinggal saudara serta kami berharap saudara dapat menjaga nama baik almamater sesuai dengan janji yang yang sudah saudara ucapkan, tambah Ajat. Dalam upacara Yudisium tersebut hadir Pembantu Dekan I FIS UNY, Ketua Komisi I Senat FIS, Kajur, Kaprodi, kabag, Kasubag di lingkungan FIS UNY.

Ada yang berbeda dengan upacara Yudisium kali ini yakni upacara Yudisium periode ini merupakan Upacara Yudisium pertama yang diselenggarakan FIS UNY karena sebelumnya FIS adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) yang dipecah menjadi dua fakultas, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dan Fakultas Ekonomi (FE). Dalam Upacara Yudisium periode ini tercatat ada 11 (26.19%) mahasiswa yang memperoleh predikat “Dengan Pujian”. Sedangkan rata-rata IPK keseluruhan 3,26 dan rentang studi ditempuh dalam waktu 4 tahun 6 bulan.

Salah satu peserta Yudisium Amin Nurohmah, mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY saat diwawancarai tim website FIS UNY, mengatakan merasa senang karena telah menyelesaikan studinya di FIS UNY sesuai dengan harapan. Mahasiswa yang hobi menulis itu berhasil meraih segudang  prestasi selama kuliah di FIS UNY diantaranya Juara Harapan I Lomba Karya Tulis Lingkungan tahun 2011, Juara I Lomba Karya Tulis Sejarah Tingkat Nasional tahun 2010, Juara I Pemilihan Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan se-Provinsi DIY tahun, Mahasiswa berprestasi FISE UNY tahun 2009, Juara 3 Lomba Karya tulis Tingkat Nasional tahun 2009, Juara Harapan I Lomba Karya Tulis Kearifan Lokal se-Jawa Bali dan prestasi-prestasi lainnya dibidang penulisan dan penelitian. Amin menambahkan hobinya menulis itu digelutinya sejak duduk dibangku SMA. Harapannya dengan tulisan-tulisannya tersebut bisa memberikan sumbangsih yang nyata bagi dunia pendidikan.  

Selain aktif menulis dan melakukan penelitian, anak keempat dari lima bersaudara itu aktif dalam beberapa kegiatan di kampus seperti Himpunan Mahasiswa (HIMA) Geografi bidang Penalaran, Forum berlima (forum mahasiswa UNY yang aktif menulis), serta asistensi Praktik Mata Kuliah Kartografi Dasar tahun 2009/2011. “Saya merasa bangga dengan apa yang sudah saya raih, namun tidak berhenti sampai disitu, saya masih punya cita-cita untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya” tuturnya mengakhiri cerita perjalanan kuliahnya di FIS UNY. (Eko)