Belum Dinyatakan Lulus Sudah Dapat Kerja

Ana Rosdiana salah seorang aktivis mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) IPK 3,41 Jurusan Pendidikan Geografi  FISE UNY saat diwawancarai reporter website FISE UNY pada upacara yudisium periode Maret 2011 yang diselenggarakan di ruang Ki Hajar Dewantara FISE UNY pada (31/3) mengatakan, “Sebelum dinyatakan lulus saya telah mencoba untuk melamar pekerjaan di berbagai tempat diantaranya SMA Muhammadiyah Piyungan, SDIT Salman Al Farizi dan Lembaga Bimbingan Belajar PRIMAGAMA alhasil saya diterima sebelum dinyatakan lulus dari FISE UNY”. Selain itu saya juga mendapatkan tawaran kerja sebagai Dosen di STKIP PGRI Pontianak. Untuk itu saya menghimbau kepada rekan-rekan yang belum lulus atau pun yang sudah lulus untuk selalu aktif menjalin hubungan dengan alumni dan selalu aktif mengakses informasi di dunia luar sehingga kalau ada informasi lowongan kerja kita bisa ikut mencoba melamar jangan putus asa bila ditolak, ucap Ana. Acara dihadiri Dekan, Pembantu Dekan I, II, Ketua Senat, Sekretaris Senat, Kajur/Kaprodi dan Kabag/Kasubag. Yudisium periode ini diikuti sebanyak 44 peserta.

Adapun kesan Ana saat kuliah di FISE UNY, “Saya bangga menjadi mahasiswa FISE UNY, yang mana Pendidikan Karakter diaplikasikan dalam perkuliahan sehingga saat ini sudah mulai muncul benih-benih dari Pendidikan Karakter baik dari Top Leader maupun bawahan. Sangat terlihat sekali dari penampilan dan sikap perilaku yang menunjukkan kemajuan ke arah yang lebih baik. Sebagai contoh sekarang banyak Mahasiswi yang menggunakan rok tidak menggunakan celana jeans dan yang Mahasiswa sudah banyak yang menggunakan hem berkerah dalam berpenampilan di kampus ”, ucapnya.

Lain halnya dengan Dewi Rohmani Peraih IPK Tertinggi 3,73 Jurusan Pendidikan Sosiologi FISE UNY yang selalu aktif berorganisasi selama perkuliahan. Selama ini ia pernah ikut organisasi HIMA Pendidikan Sosiologi, BEM REMA, UKM Penelitian UNY dan Ikatan Remaja Masjid (IRM) di Ngemplak Sleman tempat tinggalnya. Sehingga janganlah takut bila kita aktif berorganisasi IPK akan turun tetapi malah dengan aktif berorganisasi kita akan lebih semangat lagi dalam belajar. Adapun rencana setelah lulus ingin melanjutkan kuliah S2, untuk mewujudkan cita-cita ingin menjadi seorang Dosen, harap Dewi. (Isti)