JANU, KEMBALI TAMPIL DI PETROGASDAYS 2014

Janu Muhammad, mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) kembali tampil dalam ajang konferensi tingkat internasional. Kali ini ia mengusung paper penelitian dengan judul “Analysis of Public Participation in Biogas Processing in Gamping Market Yogyakarta Through Social and Economic Perspective” . Mealui judul tersebut, berhasil mengantarkan Janu dalam konferensi mahasiswa tingkat internasional Petrogasdays di Universitas Indonesia, yang digelar Jumat-Minggu (7-9/3) lalu. Petrogasdays adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Departemen Teknik Kimia UI yang dibagi menjadi empat kegiatan yaitu : International Student Conference, Chemical Product Design Competition (CPDC), Debate Competition, dan Seminar. Tahun ini tema yang diangkat adalah “Comprehending Oil and Gas Industry One Step Closer to Self-Supporting Nation”.
Petrogasdays Student Conference dibagi menjadi tiga sub tema, ada Alternative Resources, Technology Process, dan Social-Economic. Paper yang terseleksi sebanyak 30 dan dipresentasikan pada Sabtu (8/3) di perpustakaan UI. Pada hari sebelumnya juga dilaksanakan workshop dengan pembicara dari Kementerian ESDM, SKK Migas, Pertamina, ExxonMobil, dan pembicara lain dari instansi penting di Indonesia. Paper penelitian dari delegasi UNY masuk ke dalam sub tema Social-Economy. Paper ini merupakan hasil penelitian mandiri di biogas Pasar Buah Gamping Sleman dengan tujuan utama menganalisis tingkat partisipasi warga sekitar pasar maupun para pedagang dalam menyukseskan program biogas.
Petrogasdays yang merupakan event bergengsi ini diikuti oleh mahasiswa internasional, mulai dari Indonesia, Brunei Darussalam, Vietnam, Bangladesh, dan Thailand dengan berbagai latar belakang jurusan. Di akhir acara juga dilaksanakan gala diner di Hotel Grand Sahid Jakarta. Satu perwakilan UNY berhasil menjadi tim pembaca deklarasi pemuda bersama mahasiswa dari Brunei dan UPN Veteran Yogyakarta untuk masing-masing sub tema. Output dari kegiatan ini adalah adanya solusi untuk memecahkan masalah bangsa Indonesia, khususnya di bidang minyak dan gas. Petrogasdays juga memberikan pelajaran kepada seluruh peserta untuk bersama-sama peduli dengan lingkungan, menghemat energi, dan berkarya melalui penelitian agar hasilnya diterapkan oleh pemangku kebijakan migas. Semoga mahasiswa UNY bisa kembali berpartisipasi dalam kegiatan serupa tahun mendatang dan semakin percaya diri menuju World Class University. (Janu/sari)