KUNJUNGAN STAF PENGAJAR VICTORIA UNIVERSITY DI FIS UNY

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) Kamis (26/1) mendapat tamu dari staff pengajarSchool of Social Sciences and Psychology Victoria University (VU), Max Lane. Pada kesempatan tersebut Max Lane diterima jajaran dekanat FIS UNY, mantan dekan periode 2007-2011, Sardiman, AM.M.Pd., Kepala Humas, Protokoler & Kerjasama, Kadiv Kerjasama, dan beberapa dosen dari jurusan Pendidikan Sejarah. Awal pertemuan tersebut bertujuan guna menindaklanjuti keinginan FIS dan UV untuk membuat Nota Kerjasama diantara keduanya.

Nota kerjasama tersebut antara lain bertujuan untuk melakukan pertukaran artikel, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen dan staff, kerjasama penelitian dan kerjasama kegiatan pelayanan terhadap stakeholders bagi jurnal masing-masing universitas. Nota Kerjasama saat ini masih dalam lingkup fakultas, yang pada perkembangannya nanti diharapkan akan berkembang ke tingkat universitas dalam bentuk MoU.

Dalam pembicaraan yang berlangsung akrab telah terancang berbagai bentuk kerjasama. Salah satunya pada bulan April mendatang dalam diskusi bulanan yang diadakan oleh forum FISTRANS (Fakultas Ilmu Sosial Transformatif) akan mengundang Max Lane dalam diskusi tersebut. Sedang pertengahan Juli akan digelar seminar internasional dengan rencana tema “Pemikiran Kritis tentang Orde Baru”. Pad seminar tersebut akan menghadirkan pembicara 2 dari Indonesia dan 2 pembicara dari Australia. Pembicara dari Indonesia direncanakan akan mendatangkan Buya Syafi’i Ma’arif dan Dr. Richard Chauvel dari UV.

Pada awal Februari 2013, direncanakan keduanya akan bekerjasama mengadakan workshop dengan tujuan membedah isi buku pegangan siswa yang digunakan di Sekolah Lanjutan.  Selain itu diharapkan dalam workshop tersebut dapat mengkaji  Proses Belajar Mengajar (PBM) yang berkaitan dengan Pendidikan Sejarah di Indonesia. (Tiwi&Sari)