MAHASISWA FIS UNY SABET JUARA II POSTER PADA YOUTH HISTORIAN COMPETITION

Mahasiswa UNY berhasil meraih juara 2 Poster di Youth Historian Competition  yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Ilmu Sejarah, Universitas Airlangga. Pada kompetisi ini, Tim poster UNY diwakili oleh Ahmad Agung Masykuri (Pendidikan Georgafi 2013) dan Moh. Samsul Arifin (Ilmu Sejarah 2014). Lomba Poster yang merupakan event yang diselenggarakan pertama kali oleh HMD Ilmu Sejarah, mengangkat tema “Semarak Foklore Indonesia”. Final Poster Youth Historian Competition Unair 2015 diselenggarakan pada hari Kamis, 8 Oktober 2015 di Gedung Chairil Anwar FIB, Kampus B Unair, Surabaya.
Pada ajang bergengsi ini, dua mahasiswa UNY mengangkat karya dengan judul “Indonesia Istimewa”. Menurut tim tersebut, kebudayaan dan tradisi Indonesia perlu diangkat kembali dan dilestarikan oleh generasi muda. Terutama saat kebudayaan Indonesia kini telah tergantikan oleh budaya asing yang belum tentu sesuai dengan nilai dan norma yang ada di Indonesia. Ide tersebut muncul dari keberagaman kebudayaan yang telah menjadi tradisi turun temurun di masyarakat Indonesia.
Masykuri, ketua dari tim menyampaikan syukurnya atas kejuaraan ini karena satu-satunya tim yang mengangkat tema kebudayaan Indonesia secara keseluruhan. Sebagian besar dari peserta finalis mengangkat tema tentang cerita rakyat. ”Alhamdulillah, walaupun dalam presentasi mendapatkan kesempatan terakhir. Namun, hal tersebut mampu membuat kami bersemangat untuk menampilkan usaha yang terbaik,” ungkapnya.
Dalam kompetensi ini, 4 finalis berasal dari perguruan tinggi di Indonesia seperti Pens ITS, STAIN Kediri, dan UNY. Tim UNY berhasil meraih juara 2, kemudian Pens ITS Surabaya mendapatkan  Juara I dan Juara III diraih oleh STAIN Kediri. Selain kegiatan ini, rangkaian acara dalam Coastal Planning yaitu Presentasi Esai dan Presentasi LKTI tingkat nasional. (Masykuri)