MAHASISWA SOSIOLOGI IKUTI PROGRAM SUMMER SCHOOL DI INHA UNIVERSITY-KOREA

Mahasiswa saat ini tidak hanya dituntut untuk mahir berorganisasi, terampil dan mampu memahami pembelajaran di bangku perkuliahan. Namun, mahasiswa juga harus memiliki banyak pengalaman salah satunya adalah pengalaman mengikuti kegiatan internasional sehingga mahasiswa tidak hanya melihat kondisi sosial yang terjadi di masyarakatnya namun juga dapat melihat serta membandingkan berbagai kondisi sosial di berbagai penjuru dunia. Hal tersebut bermanfaat bagi mahasiswa dalam menghadapi tantangan, menghadapi perubahan dan mendorong mahasiswa untuk berpikir secara luas. Pada tahun 2019 ini, mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), Ulfah Nur Hikmawati, mendapat kesempatan untuk mengikuti program internasional yaitu summer school yang digelar oleh INHA University, Incheon, Korea Selatan.
Ulfah menjelaskan, program summer school dilaksanakan belum lama ini selama 3 minggu. Pada hari Senin sampai Kamis, para peserta mendapatkan pembelajaran di kelas dan hari Jum’at para peserta harus mengikuti field trip seperti kunjungan ke Myeongdong dengan menyaksikan Show ‘Nanta’ dan Lotte World.  Melalui kegiatan field trip tersebut, para peserta dikenalkan dengan budaya masyarakat Korea Selatan secara langsung.  
Lebih lanjut Ulfah menuturkan bahwa banyak mata kuliah yang ditawarkan dalam program summer school, sehingga para peserta dapat memilih mata kuliah sesuai dengan keinginannya atau sesuai dengan jurusan di universitas asal mereka. Satu mata kuliah wajib yang harus diikuti adalah Korean Culture Workshop sedangkan dua mata kuliah lainnya peserta bebas memilih.
"Saya memilih dua mata kuliah yang sesuai dengan passion dan relevan dengan jurusan saya  yaitu mata kuliah Introduction to Korea and its Culture dan Introduction to Korea Cinema karena akhir-akhir ini budaya Korea Selatan atau sering disebut Hallyu atau Korean Wave sedang menjadi fenomena yang mungkin saja sudah memasuki budaya masyarakat Indonesia"jelasnya
"Peserta program tersebut diberikan fasilitas dormitory yang cukup baik. Fasilitas yang ada meliputi dining hall dimana peserta mendapatkan sarapan dan makan malam setiap harinya, akses WiFi setiap saat, tempat gym, laundry, lab. komputer, serta ruang baca dan belajar. Selain itu, keamanan dan kesehatan para peserta juga sangat diperhatikan" tuturnya
Gadis yang juga merupakan atlet basket ini menambahkan bahwa kegiatan selama di kampus sangat menyenangkan, walaupun dalam satu mata perkuliahan membutuhkan waktu selama tiga jam. Menurutnya perkuliahan tidak membosankan karena dosen menerapkan metode yang berbeda-beda setiap harinya. Hal yang paling mengesankan  selama mengikuti kegiatan di INHA University  adalah ketepatan waktu dalam melakukan berbagai kegiatan. (UNH/Eko)