PSPK UNY MENELITI PENGARUSUTAMAAN PANCASILA DI BADAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA RI

Bertempat di Kantor Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Komplek Dewan Pertimbangan Presiden RI (Wantimpres RI), Veteran Jakarta Pusat pada hari Senin, 2 September lalu, Pusat Studi Pancasila dan Konstitusi Universitas Negeri Yogyakarta (PSPK UNY) melaksanakan penelitian tentang Pengarusutamaan Pancasila sebagai ideologi negara pasca amandemen UUD NRI Tahun 1945 di BPIP RI. Penelitian tersebut dilaksanakan oleh Tim Peneliti yaitu Dr. Samsuri, M.Ag, (Ketua Tim), Dr. M. Murdiono, M.Pd (Anggota). Drs. Cholisin M.Si (Anggota) dan Galih N Paripurna (Peneliti Lapangan).
Pada kesempatan tersebut, Galih (Peneliti PSPK UNY) berdiskusi dengan beberapa pejabat BPIP RI, Elfrida Siregar, M.M (Direktur Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan  Jaringan), Dr. Mohammad Sabri A.R (Direktur  Pengkajian dan Materi) dan Akbar Nur Prabowo (Direktur Materi dan Standarisasi Aparatur Negara) serta Satrio Suseno, S.IP (PNS sekaligus asisten peneliti).
Sebagai peneliti Galih memaparkan, “Pada dasarnya, bicara Pengarusutamaan Pancasila sebagai ideologi negara, adalah  bicara tentang kebijakan (policy) dan program yang memuat di dalamnya seperti materi, kajian dan bahan sosialisasi serta kerjasama dengan lembaga/institusi lainnya.” Jelas Galih. Sedangkan Dr. Sabri menyampaikan bahwa BPIP RI sudah membentuk Garis Besar Haluan Ideologi Pancasila (GBHIP), jelas pada dasarnya GBHIP berbeda dengan GBHN. Dalam GBHIP tersebut memperjelas kembali posisi dan peran strategis Pancasila sebagai Meja Statis dan Leitstars Dinamis.: Ungkap Sabri.
Dijelaskan lebih lanjut, secara karakteristik BPIP sebagai institusi negara tingkat nasional dengan peran strategisnya melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila dengan kemitraan strategis yang menggali mutiara pancasila dan nilai-nilai gotong royong.
Ditambahkan pula oleh Elfirida “Bagian kerjasama BPIP juga melakukan kerjasama dengan beberapa institusi negara yang lain seperti Kemenkumham, Kemendagri dan lembaga penyiaran TVRI dalam Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Perjanjian Kerjasama (MoU).’ Ungkap Elfrida.
Baik dari pihak PSP UNY dan BPIP RI berharap setelah penelitian ini PSPK UNY dan BPIP RI bisa berkolaborasi bersama dalam hal Pengarusutamaan dan Pembinaan Ideologi Pancasila baik itu melalui dialog bersama, focus group discussion (fgd), penelitian, pengkajian, sosialisasi pancasila dan lainnya, Salam Pancasila tutup Bpk. Akbar, (Galih/Sari).