SISWA MAN BABAT LAMONGAN KE FIS UNY

Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Babat Lamongan berkunjung ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada hari Selasa (18/12). Para Siswa kelas XI Jurusan IPS yang didampingi oleh beberapa guru pembimbingnya tersebut bermaksud mengunjungi Prodi Sejarah dan Lab. Sejarah FIS UNY. Rombongan disambut oleh dosen Prodi Sejarah di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Menurut koordinator rombogan, Faizin, kunjungan tersebut dimaksudkan agar para siswa memperoleh manfaat salah satunya adalah mengetahui informasi-informasi penting seputar FIS UNY.
Dalam kesempatan tersebut Sudrajat, M.Pd mewakili Prodi Pendidikan Sejarah memaparkan hal-hal penting seputar FIS UNY didepan puluhan siswa MAN Babat Lamongan. Ia mengatakan bahwa UNY memberikan banyak beasiswa kepada para mahasiswanya. “Sebanyak 60 % mahasiswa UNY mendapatkan beasiswa” paparnya.
Lanjut Drajat, beasiswa yang ditawarkan meliputi Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM),Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bidik Misi. Beasiswa BBM diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, beasiswa PPA untuk mahasiswa yang berprestasi sedangkan beasiswa bidik misi peruntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki prestasi. Selain beasiswa dari pemerintah, masih banyak lagi beasiswa yang ditawarkan dari swasta misalnya  beasiswa dari Japan International Cooperation Agency (JICA).
Drajat menambahkan peluang kerja alumni sejarah FIS UNY tidak hanya terbatas menjadi guru melainkan bisa bekerja sebagai arsiparis, peneliti, maupun ilmuwan. Dalam memfasilitasi para alumni untuk mencari kerja FIS telah bekerjasama dengan sekolah sehingga apabila ada sekolah yang membutuhkan tenaga guru, pihak Fakultas bisa langsung merekomendasikan beberapa alumninya untuk menjadi guru di sekolah yang bersangkutan.
Pada kesempatan yang sama Rhoma Dwi Aria Yuliantri, M.Pd, , mengatakan bahwa FIS UNY juga akan menghadirkan dosen tamu dari luar negeri seperti yang sudah dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sejarah belum lama ini, yaitu menghadirkan dosen tamu dari Victoria University Australia. “Tahun depan Fakultas akan mengundang dosen tamu lagi untuk memberi kuliah umum” kata  Dosen Prodi Pendidikan Sejarah tersebut. (Eko)