TINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS, UKMF SCREEN GELAR PDS

Sebagai unit kegiatan mahasiswa tingkat Fakultas, UKMF Penelitian SCREEN terus menerus meningkatkan kemampuan menulis para pengurus dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY).  Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan Public Discussion Screen (PDS) pada hari Jumat (18/10/2019) di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. PDS yang diikuti oleh pengurus UKMF SCREEN dan mahasiswa FIS UNY tersebut mengusung tema “Kajian Metode Penelitian RnD untuk Karya Tulis Ilmiah”. Adapun narasumber kegiatan yaitu Afrian Dwi Yunitasari, Sekretaris UKMF Screen periode 2016-2018 yang telah menorehkan segudang prestasi dalam bidang kepenulisan.

Menurut Ketua Departemen Pengembangan Penalaran dan Studi Ilmiah (PPSI) UKMF SCREEN, Anisa Hanan Qonita, PDS bertujuan meningkatkan kemampuan pengurus SCREEN dan mahasiswa FIS pada umumnya dalam hal pembuatan karya tulis ilmiah. “Melalui karya tulis ilmiah mahasiswa dapat mengetahui sampai sejauh mana kemampuan mereka dalam menilai secara kritis peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitarnya serta meningkatkan daya kreativitas dalam menemukan masalah serta penyelesaian yang inovatif bagi permasalahan tersebut.”imbuhnya

Pada kesempatan yang sama Afrian Dwi Yunitasari menjelaskan tentang konsep 4-D Model Metode RnD (Research and Develompent) dalam penulisan karya tulis ilmiah yang meliputi pendifinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Model RnD lainnya yaitu ADDIE: Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate.  Selain menjelaskan metode penelitian RnD, ia juga memberikan motivasi berprestasi dengan sharing pengalaman mengikuti kompetisi ilmiah. (Eko)