WORKSHOP PERCEPATAN PENULISAN TUGAS AKHIR (TA)

Skripsi merupakan tahap akhir proses belajar mengajar yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar Sarjana di jenjang pendidikan Strata 1 (S1). Menjelang semester akhir mahasiswa wajib mengetahui syarat-syarat dan proses dalam pengajuan dan pembuatan skripsi.
Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan lulusannya mengadakan kegiatan Workshop Tugas Akhir. Dengan tujuan agar mahasiswa mengetahui dan memahasi syarat, prosedur dan aturan dalam pembuatan skripsi.
Kegiatan dilakukan pada hari Jum’at 22 Mei 2015 di ruang sidang Ki Hajar Dewantara FIS UNY dalam dua sesi yaitu pukul 09.00 WIB s/d 11.30 WIB dan pukul 13.00 WIB s/d 15.00 WIB. Acara dihadiri oleh dosen, admin jurusan dan mahasiswa semester 6. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNY Muhammad Nur Rokhman, M.Pd.
Pemaparan tentang prosedur pengajuan tugas akhir disampaikan oleh M. Nur Rokhman. Beliau juga memaparkan tentang syarat-syarat dan ketentuan serta kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang melaksanakan Tugas Akhir. Serta memaparkan hal-hal yang berhubungan dengan penulisan tugas akhir.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Narasumber antara lain Hj. Harianti, M.Pd., Terry Irenewaty, M.Hum., dan Sardiman Am., M.Pd., berkaitan dengan topik Tugas Akhir yang relevan untuk dibahas oleh mahasiswa. Topik tugas akhir tersebut antara lain tema-tema Ilmu Sejarah dan Pembelajaran Sejarah.
Narasumber berikutnya adalah Dr. Aman, M.Pd., memaparkan secara khusus tentang Metode Penelitian. Mereka menyampaikan, jika permasalahan sudah diidentifikasi, lalu ada teori yang bisa dijadikan referensi untuk memahami masalah yang sangat berguna untuk merumuskan jawaban sementara permasalahan dalam bentuk hipotesis. 
Berikutnya peneliti akan mencari jawaban yang hakiki, untuk itu mereka memerlukan penelitian lebih lanjut. Untuk melakukan penelitian tersebut memerlukan metode atau cara-cara tertentu, dimulai dari menentukan desain atau pendekatan penelitian, mendefinisikan variabel secara operasional, menentukan sampel, bagaimana teknik mengumpulkan data dan menganalisis data.
Dengan adanya pembagian topik tugas akhir ini secara umum diharapkan mahasiswa dapat menentukan fokus bidang ilmu yang akan diteliti dan dijadikan sebagai tugas akhir. Dan mahasiswa juga diharapkan dapat berkonsultasi dengan dosen yang berkompeten pada bidang ilmu yang diminatinya.
Diakhir acara, sekretaris jurusan Pendidikan Sejarah Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd. memberikan nasihat dan motivasi kepada mahasiswa agar giat dalam menjalankan kegiatan tugas akhir dan dapat mengejar target kelulusan yang tepat waktu dengan predikat yang baik. Sehingga diharapkan sebagian besar mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir dan lulus sarjana kurang dari delapan semester (4 tahun). (Danu)