BENCHMARKING AKREDITASI DAN PENGELOLAAN PRODI IAN UNESA KE AP FIS UNY

Sebanyak 6 orang dosen program studi (Prodi) Imu Administrasi Negara (IAN) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (FISH UNESA) melakukan kegiatan benchmarking persiapan akreditasi pengelolaan program studi ke Jurusan S1 Administrasi Publik (AP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari Senin (30/05) di Ruang Rapat Lafran Pane, Fakultas Ilmu Sosial UNY.
Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Jurusan, Sekretaris jurusan dan 4 orang dosen daru IAN FIS UNESA. Rombongan Tim AN UNESA yang dipimpin oleh ketua jurusan IAN FIS UNESA, Tjitjik Rahaju, diterima dengan baik oleh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan dosen-dosen AP FIS UNY. Ketua Jurusan AP FIS UNY Dwi Harsono, dalam sambutannya memaparkan secara singkat terkait dengan pengelolaan Jurusan AP UNY. Dwi sangat menyambut adanya kegiatan tersebut.  Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan AN UNESA, juga memaparkan hal yang sama serta berharap AP UNY bisa berbagi tentang pengelolaan jurusan seperti proses akreditasi, kegiatan laboratorium, dan pengelolaan jurnal.
Kegiatan ini diisi dengan berbagi pengalaman mengenai pengelolaan jurusan yang dimulai dari AN UNESA dengan menceritakan proses akreditasi jurusan, kegiatan laboratorium, dan pengelolaan jurnal  begitupun sebaliknya yang dilakukan oleh AP FIS UNY. Salah satu pertimbangan prodi IAN  ke prodi AP FIS UNY karena keberhasilan AP FIS UNY meraih akreditasi unggul bebrap waktu lalu dengan poin yang diperoleh sebanyak 372 dari 9 kriteria yang dinilai. Keberhasilan ini lah yang ingin dipelajari oleh IAN FISH UNESA yang sebentar lagi juga akan mengajukan akreditasi. Kegiatan benchmarking ini berjalan dengan interaktif dan saling memberikan feedback berupa solusi dari tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan kegiatan jurusan baik dari AP UNY maupun AN UNESA. Pada sesi akhir ditutup dengan dokumentasi bersama dan dilanjut bincang-bincang ringan diluar pengelolaan jurusan. (DK-FZ & Sari)