GEDUNG PKM FIS DIRESMIKAN

Alhamdulillahirrobill’allamin.Setelah menunggu waktu 2 tahun gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) hari ini, Selasa (1/4) diresmikan oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti tersebut disaksikan oleh seluruh anggota Rapat Kerja Umum (RKU) UNY, yang terdiri dari seluruh jajaran pimpinan di seluruh UNY, jajaran pimpinan di Fakultas Ekonomi (FE) dan FIS tentunya. Tak lupa turut menyaksikan seluruh perwakilan dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa) FIS UNY, yang nantinya mereka akan mengambil kupon undian untuk menempati Gedung PKM tersebut.
Pusat kegiatan Mahasiswa yang biasa disebut dengan gedung merah yang hari ini resmi pindah tempat, ternyata merupakan gedung PKM keempat yang dimiliki UNY, dan merupakan yang terbesar dibanding fakultas lain. Gedung Merah yang sekarang fasilitasnya pun sudah memadai. Untuk lantai 1 digunakan sebagai tempat parkir dan kantin.  Lantai 2, ditempati oleh seluruh Ormawa yang ada, di lantai tersebut juga terdapat ruang sidang yang sekaligus berfungsi sebagai studio musik yang sudah didesain kedap suara lengkap dengan alat bandnya. Selain itu di gedung ini tersedia beberapa ruang pusat studi, seperti pusat studi pendidikan karakter, Pendidikan IPS, pusat Studi Kebencanaan dan bersanding dengan ruang pengelola.  Sedang di lantai 3, dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan digital yang rencananya akan diisi dengan 25 unit computer, selain itu juga tersedia 2 ruang seminar proposal yang bisa dimanfaatkan.
Dalam laporan pertanggungjawabannya Wakil Dekan II FIS UNY, Saliman, M.Pd menyampaikan bahwa rencana pembangunan gedung PKM ini sudah disesuaikan dengan tuntutan dari  universitas, seperti akan dibangunnya perpustakaan digital misalnya. Dalam laporannya, Saliman juga menyampaiakn total biaya pembangunan gedung yang diagarap selama 2 tahun ini memakan biaya Rp. 3. 201. 255.000,-. Di akhir laporannya,  WD II berharapa dari Gedung merah yang baru ini akan lahir tokoh-tokoh baru, untuk itu tentunya prestasi-prestasi dari para mahasiswa sangat dinanti.
Sedangkan Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag menyampaikan tentang filosofi tentang peresmian yang diadakan pada tanggal 1 April, menurut Ajat, Nomor 1 itu mengandung makna mendalam, karena angka 1 adalah angka awal dan akhir semua kejadian. “Angka 1 ini harus menjadi pegangan kuat bagi mahasiswa, yaitu bagaimana kita bisa berprestasi di nomer 1.” Ungkap Ajat.
Sebelum meresmikan gedung, Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai stakeholders utama, oleh karena itu yang wajib disediakan adalah  raung kuliah dan juga harus tersedia gedung untuk kegiatan ekstrakurikuler.  Rektor  juga menyampaikan bahwa sejak ia datang di kampus ini FIS adalah kampus perjuangan. Banyak tokoh-tokoh yang lahir di FIS UNY, seperti Prof. Lafran Pane, Prof. Syafii Ma’arif, Prof. Dochak Latif dan lain-lain. “Kami akan segera menagih prestasi-prestasi baru dari mahasiswa FIS baik dari Geografi, AN dan IPS maupun jurusan  lain yang sudah terbukti berprestasi  baik di tingakt regional, nasional maupun internasional.” Ujarnya memberi motivasi kepada seluruh mahasiswa yang hadir. Untuk itu, mari mahasiswa FIS UNY tunjukkan aksi mu yang lebih seru di gedung merah baru! (sari)