INTERNASIONALISASI JURNAL FAKULTAS ILMU SOSIAL

Internasionalisasi jurnal menjadi sebuah keniscayaan. Internasionalisasi yang dimaksud adalah jurnal terindeks di database bereputasi. Sesuai dengan peraturan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional jurnal dinyatakan sebagai jurnal internasional bereputasi apalagi terindeks di Scopus dan Web of Science (WoS). Saat jurnal terindeks di dua pengindeks tersebut, maka kualitas jurnal diakui secara internasional
Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta berkomitmen memajukan jurnal ilmiah dan mendorong setiap jurnal dapat terindeks di dua lembaga pengindeks di atas. Saat ini ada 10 jurnal di bawah Fakultas Ilmu Sosial, dengan rincian, delapan dikelola oleh program studi, dan dua dikelola oleh Fakultas. 
Wakil Dekan FIS Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Dyah Kumalasari., M. Pd menyebut saat ini ada tujuh jurnal di lingkungan FIS yang telah terindeks Sinta, tiga yang lain sedang dalam proses akreditasi. “Semua jurnal saat ini sedang berbedah dan yang siap menuju internasionalisasi jurnal”.
Salah satu jurnal yang terus berbenah dan selangkah menuju internasional adalah Journal of Social Studies (JSS) (journal.uny.ac.id/index.php/jss). JSS merupakah salah satu jurnal di bawah Fakultas Ilmu Sosial. Saat ini JSS sedang dalam proses akreditasi nasional. Selain itu JSS juga sudah submit ke Web of Science (WoS). 
Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dr. Suhadi Purwantara berharap apa yang telah dilakukan oleh JSS dapat diikuti oleh jurnal lain. “FIS perlu punya jurnal ilmiah bereputasi internasional, sehingga Bapak/Ibu dosen akan terbantu dalam proses publikasi. Semoga usaha JSS ini membuahkan hasil dan diikuti oleh jurnal lain”, ujarnya. (Bn).