MAHASISWA FIS UNY TERPILIH MENJADI DELEGASI PROVINSI DIY DI KKPI 2012

Dalam upaya membangun karakter bangsa yang menjunjung budaya bangsa sebagai jatidiri dan identitas bangsa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia (KEMENDIKBUD RI) menyelenggarakan Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia (KKPI) belum lama ini di Hotel Borobudur Jakarta. Kegiatan ini diikuti lebih dari 500 pemuda berprestasi dari seluruh Indonesia dan merupakan delegasi dari 33 Provinsi se-Indonesia. Ahmad Syaiful Hidayat Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) angkatan 2010 terpilih menjadi delegasi dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) setelah berhasil lolos seleksi dan mendapatkan undangan dari KEMENDIKBUD. Dalam seleksi tersebut, Ahmad Syaiful membuat karya tulis esai mengenai ide untuk pembangunan kebudayaan Indonesia dan menjelaskan karya kreatif yang telah dibuat untuk Indonesia Kreatif.

Menurut MENDIKBUD, M. Nuh dalam sambutannya menuturkan bahwa  kegiatan ini merupakan sebuah forum pertemuan para pemuda dari seluruh Indonesia untuk menggali dan menggelar ide, gagasan, dan pemikiran kreatif dalam pembangunan bidang kebudayaan dan pembangunan bangsa pada umumnya dengan fokus tiga tema besar pembangunan karakter kepribadian dan kebanggaan negeri; karakter kreativitas dan multikultural; dan karakter kreativitas seni dan nasionalisme.
“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kesempatan kepada seluruh peserta kongres untuk saling berdiskusi tentang ide-ide baru, saling bertukar pengetahuan dan pengalaman dalam hal kebudayaan sehingga tercapai tujuan kegiatan yaitu membangun tonggak kebangkitan pemuda sebagai pilar pembangunan kebudayaan” papar M. Nuh
Lebih lanjut M. Nuh mengutarakan bahwa pemuda sebagai pilar pembangunan kebudayaan sudah seharusnya memiliki visi dan langkah terpadu menuju terbangunnya jaringan kerja pemuda Indonesia baik antar daerah dan diberbagai negara untuk mendukung dan memperkukuh pembangunan karakter bangsa, ketahanan budaya dan penguatan diplomasi budaya dalam turut membangun posisi penting Indonesia dalam pembangunan peradaban dunia
    Adapun kegiatan KKPI 2012 mengangkat gagasan tema besar Indonesia Aku Bangga “Membangun Karakter, Kreatifitas, dan Solidaritas” yang direalisasikan dengan adanya tiga parallel session yang diantaranya di Museum Nasional “Rencana Aksi Pembangunan Karakter” yang dibersamai oleh Joe Marbun dan Supadma Rudana; di Galeri Nasional “Rencana Aksi Indonesia Kreatif” yang dibersamai oleh Saptuari Sugiharto dan Victor Gubawan; dan terakhir di Museum Kebangkitan Nasional “Rencana Aksi Pembangunan Multikulturalisme” yang dibersamai oleh Nur Khafid dan Asep Kambali. Setelah itu, peserta kemudian mengikuti kegiatan Cultural Visit ke Kota Tua Jakarta dan dilanjutkan pagelaran pertunjukan Aksi dan Kreatifitas Pemuda oleh para peserta dan pada hari terakhir dilanjutkan dengan pemaparan hasil working group parallel session yang telah dirumuskan. Tari kolaborasi pemuda Indonesia menjadi penutup diselenggarakannya kongres kebudayaan pemuda Indonesia 2012. (Ahmad Saiful/Eko)