MAHASISWA PKNH, KREASIKAN JAGUNG JADI DONAT SEHAT

Jagung merupakan salah satu makanan pokok bangsa Indonesia yang memiliki banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari jagung. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga memilii kandungan gizi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahan kandungan yang dimiliki jagung komposisi zat makanannya jauh lebih komplit dari pada berasyang merupakan makanan pokok mayoritas penduduk Indonesia.
Berdasar latar belakang tersebut, Nuri Wahyuni, Fany Ryansari, Sri Hartini , Erni Fitri Astuti, dan Novita setiyawati yang merupakan mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) Fakultas Ilmu Sosial Universitas negeri Yogyakarta (FIS UNY) melihat peluang dari jagung untuk di-inovasi lebih lanjut agar lebih mudah diterima masyarakat untuk dikonsumsi. Nuri dan kawan-kawan mencoba mengkreasikan jagung diolah menjagu donat. Mereka member nama produk mereka dengan merk CORN DONUT (CD). Produk temuan mereka itu berhasil lolos dalam seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2011. Mereka berhasil memperoleh bantuan dari DIKTI untuk pengembangan usaha mereka.
Nuri, Ketua kelompok CD yang didampingi dosen pendamping Puji Wulandari, M.Si ini menceritakan beberapa tujuan mereka untuk melakukan inovasi terhadap produk jagung adalah untuk mengolah jagung agar menjadi makanan yang memiliki daya jual cukup tinggi dan mampu mencipatakan usaha baru bagi mahasiswa yang dapat dikelola sehingga member bekal dalam pengembangan kewirausahaan.
Nuri juga menambahkan, “Kami ingin menghasilkan produk donat yang  bervariasi dan sehat sebagai alternative makanan yang praktis dan terjangkau harganya.” Produk CD memang sangat terjangkau khususnya untuk kalangan mahasiswa, karena 1 produk CD hanya dipatok harga Rp. 2.000,00 saja.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Corn Donut adalah Tepung terigu, Gula pasir, yeast instant, susu bubuk, garam, bread improver, telur, margarine, air dingin dan minyak goring. Sedang untuk topingnya sendiri saat ini CD tersedia dengan toping Meises, keju, kacang sangria dan coklat.
Produk Corn Donut sudah mulai dipasarkan di Pameran Kreasi Anak Bangsa yang diadakan dalam rangka Dies Natalis ke-49 UNY pada 7-9 Mei lalu di ruang Auditorium UNY. Respon pasar pun sangat positif. Semua produk CD yang dipasarkan setiap hari habis terjual. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik dan menjadi pertanda akan sukses dan CD bisa diterima oleh masyarakat seperti tujuan awal kelompok ini. (Sari)