MAHASISWA UNJA TERTARIK LANJUTKAN STUDI S2 DI UNY

Dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Jambi (UNJA) berkunjung ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada hari Rabu (5 /11/2018). Rombongan disambut oleh Ketua Jurusan PknH FIS, Kaprodi PPKn PPs UNY, dosen dan mahasiswa PknH FIS. "Kami sangat terbuka untuk saling berbagi informasi terkait dengan penelitian, kegiatan mahasiswa, pengajaran, dan informasi penting lainnya. Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut dengan kegiatan kerjasama di masa mendatang" jelas Kajur PKnH FIS, Dr. Mukhamad Murdiono, M.Pd, saat menyampaikan sambutan selamat datang.

Sementara itu, Kaprodi PPKn FKIP UNJA, Drs. Irzal Anderson, M.Si dalam sambutannya mengutarakan tujuan kunjungan ke FIS UNY yaitu memperoleh pengetahuan tentang kegiatan yang dilaksanakan oleh jurusan PKnH FIS UNY. Selain itu, kata Irzal, ada beberapa mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan studi S2 di Prodi PPKn UNY. "Beberapa mahasiswa kami tertarik untuk melanjutkan studi S2 Prodi PPKn di UNY. Kami mohon informasinya tentang prodi tersebut dan saya berharap kepada para mahasiswa semua untuk aktif bertanya agar mendapatkan informasi yang lengkap" paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Suharno, M.Si. menjelaskan bahwa Prodi S2 PPKn UNY merupakan prodi kedua yang didirikan di Indonesia setelah UPI bandung dan setiap tahun selalu kebanjiran pendaftar. Beberapa alumni S2 PPKn UNY sudah menjadi dosen di beberapa kota seperti Palangkaraya, Lombok, dan Mataram. Bahkan, kata Suharno, ketika awal prodi ini berdiri sudah ada permintaan dari Lampung untuk merekrut mahasiswa UNY menjadi dosen di sana.

Dalam sesi tanya jawab, salah satu mahasiswa UNJA, Imelda, mengajukan pertanyaan terkait beasiswa yang tersedia untuk S2. Menanggapi hal tersebut, Suharno mangatakan bahwa beberapa pemberi beasiswa sering mempersyaratkan bahwa prodi harus terakreditasi minimal B. “Perlu saya sampaikan bahwa Prodi S2 PPKn UNY sudah terakreditasi B jadi hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan melamar beasiswa” ungkapnya

Berkaitan dengan pertanyaan tentang pembelajaran, Murdiono menjelaskan bahwa di UNY sedang dikembangkan model pembelajaran blended learningyang merupakan kombinasi model pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka langsung. Beberapa mata kuliah disini juga sudah menggunakan sistem online Be-Smart.

Murdiono menambahkan, pengembangan keilmuan Prodi PknH FIS didukung adanya laboratorium PknH dimana laboratorium tersebut berfungsi sebagai knowledge center. “Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan dalam pemanfaatan laboratorium berupa serial diskusi. " tutupnya (Eko)