OLIMPIADE IPS TINGKATKAN DAYA SAING SISWA UNTUK BERPRESTASI

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS (Hima DIPSOS) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) gelar Olimpiade IPS Tingkat Nasional untuk SMP/MTS pada hari Sabtu (14/9/2019). Kegiatan ini diikuti oleh siswa SMP/MTs dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang, Solo, Ponorogo, dan DIY. Ketua Pelaksana Kegiatan, Oki Nur Aris Irfangi, menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi dalam memperbaiki kualitas pendidikan khususnya untuk siswa SMP dan meningkatkan daya saing siswa untuk berprestasi.

Lebih lanjut mahasiswa Pendidikan IPS tersebut memaparkan, tujuan kegiatan antara lain mempererat tali persaudaraan guru serta pelajar SMP/MTs di Indonesia, menumbuhkan peran keilmuan IPS dalam pembangunan pendidikan, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap bidang studi IPS guna meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan dan sosial bagi pelajar SMP/MTs serta guru di Indonesia.

“Olimpiade IPS ini terbagi menjadi tiga babak yaitu penyisihan, semifinal, dan final. Adapun jumlah peserta pada babak penyisihan adalah 77 tim, semifinal berjumlah 16 tim, dan babak final berjumlah 4 tim. Empat tim yang meraih juara pada babak final antara lain SMP Al Irsyad Purwokerto sebagai juara 1, MTs N 6 Sleman meraih Juara 2, SMP N 4 Pakem meraih Juara 3, dan SMP N 4 Ngaglik menyabet Juara Harapan” paparnya

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan siswa SMP/MTs dapat mengembangkan kemampuan kognitif mereka melalui lomba-lomba yang diselenggarakan. “Kami juga mengharapkan semua pihak baik itu guru IPS, mahasiswa dan masyarakat umum dapat merasakan manfaat dengan adanya kegiatan  ini sehingga mendorong semua pihak untuk ikut serta dalam membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju dan sejahtera melalui bidang Pendidikan” tutupnya (Eko)