Pelantikan Tutor PAI : Mewujudkan Visi UNY

Tim Tutorial Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Negeri Yogyakarta melantik puluhan Tutor baru. Bertempat di Lt. 2 Islamic Education Center, Masjid Mujahidin pada Jumat (25/3). Tutor yang dilantik berasal dari FISE, FMIPA dan FBS.

Program tutorial merupakan aktivitas penunjang mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Para tutor adalah “tangan kanan” dosen PAI UNY. Mereka bertugas mendampingi mahasiswa yang menempuh mata kuliah tersebut. Rekrutmen tutor baru mutlak dibutuhkan setiap tahunnya, seiring berkurangnya jumlah tutor yang telah lulus kuliah.

Ardiansyah, S.Pd, mantan Ketua Tutorial UNY, memberikan stadium general pada pelantikan tersebut. Ia mengatakan, hukum dakwah adalah fardu kifayah. Maka, harus ada segolongan orang yang melakukannya. Tugas berdakwah itulah yang diemban oleh para tutor.
 
Ardiansyah melanjutkan, para tutor harus punya mind set untuk senang mendidik. Mereka juga mesti menjadi teladan bagi mahasiswa. “Para tutor selain mampu menguasai materi keislaman, juga harus membuktikannya dalam nilai akademis. IPK harus diatas 3,” ujarnya.
 
Setelah stadium general dilaksanakan prosesi pelantikan oleh Prof. Dr. Ajat Sudrajat. Para tutor diharapkan mampu membangun karakter mahasiswa. “Dengan demikian, visi UNY untuk menghasilkan insan yang bernurani, mandiri, dan cendekia semakin terwujud”. (triyanto/liel)