PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNM SILATURAHMI KE DILOGI FIS UNY

Rabu (7/3/13) Universitas Negeri Makasar (UNM) berkunjung ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kunjungan UNM dalam rangka silaturahmi prodi Pendidikan Sosiologi UNM ke jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY). Mahasiswa UNM yang berkunjung berjumlah 110 mahasiswa, mereka angkatan pertama Pendidikan Sosiologi UNM yang kini duduk di semester enam. Kunjungan tersebut dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB dan diterima anggota Hima pendidikan sosiologi (Dilogi) di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY.

Rombongan diterima oleh Dekan FIS Prof. Dr. Ajat Sudrajat,M.Ag, dan Ketua Jurusan (Kajur) P. Sosiologi, Grendi Hendrastomo M.Hum dan beberapa orang dosen pendidikan sosiologi serta seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (HIMA DILOGI). Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan UNM, Drs. Usman Raidar, M.Si. Usman menyampaikan, bahwa ia bersama rombongan merasa senang dapat berkunjung ke UNY. Dalam kunjungan ini mereka bisa berdiskusi mengenai perkembangan pendidikan sosiologi saat ini. Banyak hal yang bisa saling didapat baik dari UNM maupun FIS karena dalam ajang tersebut digelar diskusi untuk bisa saling bertukar pengalaman dan informasi mengenai masing-masing universitas agar kedepannya pendidikan sosiologi bisa lebih maju.

Antusiasme mahasiswa UNM ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam diskusi tersebut. Para mahasiswa FIS yang tergabung dalam Hima Dilogi pun ikut serta menyambut dan mendapat pertanyaan dari mahasiswa UNM. Seperti yang dilontarkan Egi, mahasiswa UNM, “Diadakannya kegiatan seperti ini, membuat kami mendapatkan banyak pengalaman dan mampu bertukar pikiran tentang sistem pembelajaran di Universitas lain dan menambah jaringan dalam organisasi Hima kami”. Ungkapnya. Egi juga menambhakan dengan kunjungan ini selain menambah jaringan, hal menarik lainnya adalah mereka bisa membandingkan antara sistem pembelajaran Sosiologi di UNM dan UNY.

Diskusi yang menarik tersebut ditutup dengan penampilan dari salah satu anggota Hima Dilogi FIS UNY, Desi Kristianingsih yang menyanyikan lagu ‘love song’ dan ‘begitu indah’ yang mencerminkan  indahnya persahabatan antara UNM dengan UNY, khususnya antara mahasiswa pendidikan sosiologi. (sari)