PROF. DR. AJAT SUDRAJAT : PARA TUTOR SEPERTI SANG PENCERAH

Tutorial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah umum Pendidikan Agama Islam (PAI). Tutorial merupakan pendamping yang efektif bagi mahasiswa untuk lebih memahami dan membentuk karakter islami. Hal itulah yang menjadi tajuk utama dalam agenda “Sarasehan dan Temu Tutor Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY)”.
Dilaksanakan di Aula FE Lt. 2 (18/2), acara ini dihadiri Prof. Dr. Ajat Sudrajat, selaku dosen MKU UNY sekaligus Pembina Tutorial, dosen PAI lainnya, serta puluhan mahasiswa yang menjadi Tutor di FISE UNY. Prof. Ajat menyambut baik acara temu Tutor dan sarasehan ini. Agenda tersebut dapat digunakan sebagai ajang silaturahim para Tutor dengan dosen PAI.
“Saya merasa bangga karena dari ratusan mahasiswa muslim FISE UNY, hanyalah sedikit yang berminat menjadi Tutor. Dan hal ini sangat lumrah. Para Tutor merupakan “bintang-bintang” yang mengemban tugas untuk mencerahkan mahasiswa yang lain. Istilahnya menjadi “Sang Pencerah”, ujar Prof. Ajat memberikan apresiasi kepada para Tutor.
Para Tutor saat ini harus mampu mengemban visi FISE UNY untuk membentuk mahasiswa yang berkarakter. Mahasiswa yang mempunyai ahklaqul karimah (akhlak mulia). Langkah itu dapat ditempuh melalui tiga hal. Pertama, Tutor harus menjadi model (qudwah) mahasiswa yang berkepribadian islami. Yang kedua, Tutor juga harus mampu membimbing dan memberikan pengajaran nilai-niali islami kepada mahasiswa. Dan terakhir para Tutor juga harus menciptakan habits (kebiasaan) islami, karena karakter hanya tebentuk melalui pembiasaan. Tidak sebatas pada teori semata. “Ketiga aspek inilah yang harus dimiliki oleh para Tutor FISE UNY”, ujar Prof. Ajat dalam sambutannya.
Dalam acara ini juga dilakukan evaluasi bersama Tutor dan dosen PAI. Hasilnya, harus ada peningkatan komunikasi antara Tutor dengan dosen. Ini dilakukan untuk meminimalisir kendala teknis yang acap kali terjadi. Misalnya saja, perbedaan pemahaman tentang standar penilaian.
Setelah sarasehan, acara ini kemudian diakhiri dengan pemberian tausyah oleh Anatoly Putu Abdullah Kasparov, mahasiswa jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) FISE UNY, yang juga merupakan Koordinator Tutorial FISE UNY pada tahun 2009. Anatoli menyampaikan tentang pentingnya menjalin ukhuwah dengan landasan keimanan.
Akhirnya, Tutorial saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Tutorial telah berperan aktif membentuk karakter mahasiswa. Hal-hal yang tidak terjangkau ruang kuliah sebagian besar telah di back up oleh Tutorial. Tutorial telah menjadi pelengkap dan solusi efektif, bahwa karakter itu tidak bisa dibentuk sebatas di ruang kelas.
[triyanto]