SEJARAH POLITIK DAN HI DIAJAR OLEH GUEST LECTURE DI PENDIDIKAN SEJARAH

“Sejarah Indonesia adalah sejarah yang paling menarik, karena Indonesia mengalami revolusi”, demikian Dr. Max Lane (Dosen Victoria University) saat mengisi kuliah “Gues Lecturing” (GL) di Mata Kuliah Sejarah Politik dan HI, Pendidikan Sejarah. Acara Gues Lecturing ini sudah dua tahun berturut-turut diadakan oleh Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial  pada 2012 dan 2013.
Acara GL ini diadakan selama empat hari berturut-turut (19-22/11) di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Mahasiswa yang mengikuti GL adalah mahasiwa Pendidikan Sejarah yang mengambil matakuliah Sejarah Politik dan HI. Namun karena antusiasme mahasiswa yang cukup tinggi maka ada pula mahasiswa diluar mata kuliah yang bergabung dengan GL.  Ada juga mahasiswa yang telah mengikuti matakuliah GL tahun lalu bergabung lagi dalam kuliah kali ini. Jumlah mahasiswa yang hadir dalam kuliah GL setiap hari rata-rata sebanyak 120 mahasiswa.
Materi Gues Lecturing meliputi “sejarah kolonial, nasionalisme, dan penemuan nama Indonesia”, “Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional”, “Indonesia di tengah politik dunia”, dan “Sejarah kedudukan Indonesia di tengah ekonomi global”. Kuliah dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi.
“Saya harap tahun depan GL dapat dilaksanakan lagi, dan Bapak Max Lane bisa kembali mengajar di mata kuliah Sejarah HI dan Politik. Saya sangat senang karena dari Bapak saya mendapatkan pandangan dan wawasan baru tentang sejarah dari orang luar”, demikian tanggapan Reni mahasiswa jurusan pendidikan sejarah.  (Rhoma)