Visi dan Misi

 
VISI
 
Visi FIS UNY dalam rangka menjawab tantangan Pendidikan era revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 yang dijadikan sebagai acuan dan arah pengembangan UNY dalam menjalankan perannya dalam Pendidikan tinggi adalah: “Menjadi Fakultas Kependidikan dan Ilmu Sosial yang unggul, kreatif, inovatif berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025”
 
MISI
 
  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi untuk menghasilkan pendidik bidang ilmu-ilmu sosial dan ilmuwan sosial yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai nilai-nilai dasar Pancasila. 
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan yang menghasilkan penemuan baru di bidang pendidikan dan ilmu-ilmu sosial
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada hasil-hasil kajian dan penelitian Pendidikan dan ilmu-ilmu sosial bagi pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan dan membangun kerja sama dengan pemerintah, masyarakat, akademisi, industri, dan media baik ditingkat lokal, regional, maupun internasional, guna mengembangkan Pendidikan dan ilmu-ilmu sosial serta meningkatkan daya saing lulusan.
  5. Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan tingkat fakultas, layanan prima, dan penjaminan mutu yang transparan dan akuntabel.

TUJUAN

  1. Terwujudnya Pendidikan dan tata Kelola yang baik bidang akademik maupun profesi yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong mahasiswa memiliki nilai-nilai dasar individu dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap sesuai nilai-nilai dasar Pancasila dan nilai-nilai luhur budaya bangsa.
  2. Terwujudnya hasil penelitian dan pengembangan Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial berkarakter, yang mendukung pembangunan daerah dan nasional, serta berkontribusi terhadap pemecahan masalah global.
  3. Terselenggaranya kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang berorientasi pada hasil kajian dan penelitian Pendidikan dan ilmu-ilmu sosial yang berlandaskan pada nilai dasar Pancasila guna mendorong pengembangan potensi manusia, masyarakat, dan alam untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Terwujudnya jejaring dan kerja sama yang melibatkan masyarakat, akademik, industri, media, di tingkat lokal, regional, maupun internasional.
  5. Terwujudnya tata kelola fakultas yang baik, bersih, transparan, dan penjaminan mutu yang akuntabel (good faculty governance).