FISE Selenggarakan Pekan HAM 2010

Suasana Hari HAM se-Dunia yang secara tahunan diperingati pada tanggal 10 Desember mulai tampak di Universitas Negeri Yogyakarta, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE). Prakarsa Pekan HAM oleh Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) ini dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2010 yang menempuh mata kuliah Pendidikan HAM.
Pekan HAM 2010 ini terdiri dari berbagai macam kegiatan, yaitu: Pameran foto dan poster, Seminar Sehari dalam dua tahap, Ekspose Kasus HAM, Pemutaran Film HAM, Pagelaran Musik bertajuk “Music for Humanity”, Mimbar Bebas, serta Pelatihan HAM untuk guru. Program akan dilaksanakan secara penuh dalam seminggu, tanggal 5-11 Desember 2010. Dengan stage utama Taman Ki Hajar Dewantara FISE, serta beberapa lokasi pendukung seperti Ruang Sidang Ki Hajar Dewantara serta Ruang G.03 Eks Manajemen untuk acara Seminar dan Pelatihan HAM.
Program ini, selain untuk memperingati Hari HAM, dimaksudkan untuk mendekatkan wacana HAM dengan kehidupan keseharian sivitas akademika. Wacana dan gerakan HAM selama ini banyak digerakkan oleh aktivis yang berbasis masyarakat sipil, LSM atau NGO.
Menurut Halili, pembimbing program ini sekaligus pengampu mata kuliah pendidikan HAM, program ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi bagi promosi atau pemajuan wacana dan gerakan HAM. Yang cukup membanggakan program ini merupakan Pekan HAM pertama dalam sejarah UNY. Hebatnya lagi, ”Inisiatif dan organizing kegiatan ini sepenuhnya ditangani oleh mahasiswa PKnH semester satu”, tegasnya. (Aliel)