STUDENT DEVELOPMENT PROGRAM KEMBANGKAN POTENSI MAHASISWA

Mahasiswa baru (Maba) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) disuguhkan dengan berbagai kegiatan yang ada di kampus pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta setelah melalui serangkaian kegiatan OSPEK ditingkat universitas maupun fakultas,.Salah satu kegiatan untuk mengembangkan potensi mahasiswa adalah Student Development Program (SDP). Menurut staff PPSI UKMF SCREEN FIS UNY, Janu Muhammad, tahun ini FIS UNY kembali mewajibkan para Maba untuk memilih salah satu bidang SDP. Jenis SDP tersebut meliputi : penelitian (Research). kewirausahaan (enterpreneurship), kepemimpinan (leadership), dan kepenulisan (jurnalistik). “Pada kesempatan kali ini, UKMF Penelitian SCREEN FIS UNY kembali dipercaya untuk memegang amanah dalam rangkaian SDP Penelitian FIS 2012” jelasnya.

Janu menambahkan, bertepatan dengan hari pahlawan, Sabtu (10/11) dilaksanakan rangkaian kegiatan Eksplorasi Ilmiah “Jelscreen” atau Jelajah SCREEN. Kegiatan ini diikuti ratusan mahasiswa baru FIS UNY dan pengurus UKMF Penelitian SCREEN dan dilaksanakan di Kampung Wisata Dipowinatan, Benteng Vredeburg, dan Kawasan Wisata Malioboro Kota Yogyakarta.

Lanjut Janu, perjalanan diawali dari Kampus UNY menuju Kampung Wisata Dipowinatan di Jalan Brigjend Katamso Yogyakarta. Keistimewaan tempat ini adalah suguhan wisata tradisional Jawa yang dipadukan dengan tatanan modern masa kini. Perjalanan dilanjutkan menuju Benteng Vredeburg di kawasan titik nol kilometer Kota Yogyakarta. Benteng Vredeburg menyuguhkan berbagai informasi sejarah Kota Yogyakarta yang tertuang dalam diorama. Para pengunjung, termasuk para peserta Eksplorasi Ilmiah berkesempatan mengetahui informasi sejarah di Benteng Vredeburg. Selanjutnya, para peserta melakukan eksplorasi langsung di kawasan Malioboro yang sebelumnya telah terbagi ke dalam kelompok kecil.

Eksplorasi di kawasan Malioboro adalah sebagai bentuk pengamatan langsung terhadap berbagai fenomena yang mewarnai wisata Malioboro. Para peserta melakukan wawancara kepada para pedagang, turis, tukang becak, dan lain-lain untuk menggali ide-ide dalam pemecahan problematika di Malioboro.

“Ekplorasi ilmiah dengan tema “Eksplore Duniamu, Temukan Inspirasimu” ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berkarya mahasiswa baru melalui penelitian. Mahasiswa baru diberi bekal untuk mewujudkan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian. Dengan kegiatan Eksplorasi Ilmiah ini, kreativitas mahasiswa akan terlatih dan dapat dikembangkan. Eksplorasi Ilmiah Jelscreen 2012 ini juga sebagai ruang peserta SDP Penelitian untuk selalu berkarya positif dalam membangun prestasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.” jelasnya mengakhiri laporan kegiatan yang telah dilaksanakannya.(Janu/Eko)