TINGKATKAN LAYANAN, FIS UNY GELAR PELATIHAN

Pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas. Dalam pelayanan prima ada 10 prinsip yang harus diperhatikan yakni percaya akan pentingnya kepuasan pelanggan, memilih pelanggan dengan benar untuk membangun kepuasan pelanggan,   memahami harapan pelanggan, mencari faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, memperhatikan faktor emosional pelanggan, memperhatikan komplain pelanggan, memberi garansi pada pelanggan, mendengarkan suara pelanggan, mengoptimalkan peran karyawan, dan keteladanan pemimpin. Demikian disampaikan Prof. Abdorrakhman Gintings, Ph.D  pada pelatihan Peningkatan Kinerja Dosen dan Pegawai Fakultas Ilmu Sosial Universitas Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), Bandung (6-8/7).  Pelatihan dihadiri dosen dan pegawai di lingkungan FIS UNY dan dibuka oleh Dekan FIS UNY Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag.
Lanjut Abdorrakhman, pelayanan prima akan memberikan banyak manfaat pada lembaga atau organisasi seperti citra organisasi semakin meningkat, citra pegawai semakin profesional, sebagai mitra kerja (bisnis) yang semakin menguntungkan, existensi organisasi mantap, memiliki peluang untuk berkembang pesat, memiliki daya saing dalam berkompetisi, dan pendapat organisasi meningkat. “Selain itu, pelayanan prima juga memberi banyak manfaat bagi pelanggan yakni kebutuhan terpenuhi, mendapat kepuasaan yang lebih baik, merasa dihargai atau diperhatikan kepentingannya, merasa mendapat pelayanan profesional” imbuh dosen Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung tersebut.
Untuk memberikan pelayanan yang berkualitas membutuhkan komitmen, kerja keras, kesabaran, konsekuensi, konsistensi, dan terus menerus sehingga setiap individu perlu menerapkan smile for everyone, excellence in everything we do, reaching out to every guest with hospitality, viewing every guest as special, inviting guest to return, creating a warm atmosphere , eye contact that shows we care.
Melalui pelatihan tersebut Dekan FIS UNY berharap mampu menumbuhkan kepercayaan diri, kebanggaan dan kepuasan pribadi  sehingga pelayanan pada customer agar lebih maksimal dan berhasil. (Eko)