PEMBUKAAN DIES 47 FIS, MANTABKAN DIRI MENUJU PRESTASI

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) sebagai lembaga pendidikan tentunya mempunyai tanggung jawab untuk ikut memajukan pendidikan di Indonesia khususnya. Dalam rangka Dies Natalis ke 47 FIS UNY yang pembukaannya dilakukan pada Jumat (31/8) kemarin di halaman gedung dekanat. Acara yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, para pejabat teras di lingkungan UNY serta komunitas senam seluruh UNY ini berlangsung meriah dan hangat. Pada kesempatan tersebut juga dibagikan puluhan doorprize menarik dengan hadiah utama 2 sepeda gunung dan TV berwarna.
 Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag mengemukakan dalam sambutannya, Dalam ulang tahun yang ke 47 ini FIS UNY akan  terus memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan pendidikan khususnya bagi kemajuan ilmu di Indonesia terutama ilmu-ilmu sosial. Dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh FIS UNY untuk memeriahkan Dies kali ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti bedah buku dan orasi ilmiah yang akan disampaikan oleh mantan Dekan FIS UNY sebelumnya, yaitu Sardiman, AM.M.Pd.
Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA dalam sambutan sebelum meresmikan pembukaan dies menyampaikan, FIS sejak berpisah dengan FE mampu menjadi fakultas yang mandiri. Baik FIS maupun FE sama-sama bersaing menjadi fakultas yang kuat. “Dulu sebelum berpisah, FIS atau FE salah satunya termarginalkan, tetapi setelah dipisahkan masing-masing perkembangannya luar biasa dengan menunjukkan potensi masing-masing” Ungkap Rochmat. Hal ini dibuktikan dengan ancaman moratorium yang sebentar lagi akan dilaksanakan di UNY, FIS menjadi fakultas yang paling agresif. Bisa ditunjukkan dengan pengajuan 8 prodi baru dan 1 prodi program pasca sarjana. Namun, rector juga memperingatkan FIS untuk bersiap diri dan mental apabila tidak semua pengajuan prodi terpenuhi.
Dalam pidatonya rektor juga menghimbau agar terus menggalakkan kebersamaan antara mahasiswa, dosen maupun dengan pegawai administrasi. Semoga dengan Dies ke 47 kali ini jati diri FIS semakin tampak dan keluarga besar FIS semakin solid, kompak dan visi misinya semakin mantab. Peresmian atau pembukaan dies dilakukan oleh rektor ditandai dengan pelepasan balon yang berisi hadiah sebesar Rp.200.000,- dan diperoleh warga Deles, Klaten, Jawa Tengah. (Sari)