PEKAN HAM 2012: RIGHT HUMAN FOR HUMAN RIGHT

Dalam rangka memperingati dan menyambut Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2012 lalu mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) angkatan tahun 2012 dibawah bimbingan Halili Hasan S.Pd mengadakan kegiatan PEKAN HAM 2012. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan mahasiswa baru PKnH angkatan tahun ke-3. Kegiatan yang bertemakan “Right Human for Human Rights” tersebut bertujuan mengingatkan kembali jasa-jasa pejuang HAM sehingga semangat para pejuang HAM akan tewarisi oleh para genearasi muda pada masa sekarang.
Agenda PEKAN HAM 2012 yang diselenggarakan pada tanggal (3-10/12) tersebut meliputi pameran fotografi yang bekerja sama dengan Gunungkidul Photography dan Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY dengan tema Human Interest. Pada hari kedua diadakan Donor Darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman dengan tema “Setetes Darah Untuk Kemanusiaan” dilanjutkan bakti sosial di Panti Asuhan Al-Barokah Prambanan. Hari ketiga panitia menggelar nonton film bersama dengan tema “HAM”. Kemudian pada hari keempat diadakan Konser Kemanusiaan yang bertemakan “Music For Human Rights” dengan bintang tamu band Indie Jogja Sebumi Nol Kilo Meter. Pada hari kelima turun ke desa Pulutan, Wonosari, Gunungkidul yang pada malam harinya mengadakan acara nonton bareng film perjuangan Bangsa Indonesia. Kesesokan harinya digelar Sosialisasi Peduli HAM dibersamai dengan Ignas Triyono, SH dari Kanwil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat Desa Pulutan, Wonosari, Gunungkidul yang kemudian dilanjutkan dengan Pasar Murah Sembako. Pada hari terakhir panitia menggelar aksi solidaritas turun kejalan dengan membagikan bunga peduli Hak Asasi Manusia dikawasan titik 0 KM Yogyakarta.
Melalui rangkaian kegiatan PEKAN HAM 2012 tersebut, mahasiswa diharapkan mampu memahami norma umum penegakan hak-hak fundamental ras manusia oleh bangsa-bangsa beradab sedunia. (Ulfah/Eko)