FIS UNY TERIMA KUNJUNGAN SMA N 1 MAJA DAN MAN 1 JEMBER

Menerima kunjungan dari siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) bagi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) merupakan suatu kehormatan. Dengan banyaknya siswa SMA yang berkunjung ke kampus FIS UNY, bisa menjadi salah satu bukti bahwa FIS dengan 3 jurusan dan 7 prodi ini banyak diminati sebagai tujuan melanjutkan pendidikan oleh para lulusan SMA.

Hal ini dibuktikan dengan dalam 2 minggu berturut-turut FIS UNY mendapat kunjungan dari SMA N 1 Maja Majalengka pada Selasa (5/2) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember, di hari Senin (11/2). Tak kurang dari 350 orang siswa-siswa SMA dan sederajat ini berbondong-bondong ke FIS UNY. Dalam rangka study tour ini para siswa mencari tahu lebih jauh tentang FIS UNY.

Antusiasme mereka pun ditunjukkan pada saat sesi tanya jawab. SEtelah para tamu FIS UNY yang terdiri dari Siswa SMA dan guru-guru pendamping tersebut diberi penjelasan/gambaran secara singkat tentang FIS UNY, mereka berebut untuk mengajukan pertanyaan. Seperti yang diajukan Fahmi dari MAN 1 Jember misalnya, “Jika kuliah di FIS UNY, apakah akan diberi informasi atau jalur untuk mencari pekerjaan?”, tanya Helmi. Hal ini pun dijawab lengkap oleh Pratiwi Wahyu Widiarti, M.Si, ketua tim Humas, protokoler dan Kerjasama FIS UNY. Tiwi menjelaskan, bagi lulusan FIS UNY sejak tahun 2005 diadakan pelatihan Strategi Menembus Peluang Kerja, dalam pelatihan tersebut peserta diajari tentang tips dan trik memenangkan peluang kerja yang ada serta biasanya para pembicara juga akan mengadakn perekrutan untuk perusahaan mereka juga. Selain itu berbagai media informasi yang dimiliki oleh fakultas juga dimanfaatkan untuk menginformasikan tentang lowongan-lowongan pekerjaan yang ada.

Dalam kedua kunjungan tersebut, para tamu  juga disuguhi informasi lengkap seputar fakultas dan informasi singkat tentang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNY baik yang melalui jalur SNMPTN/SBMPTN ataupun jalur Seleksi Mandiri (SM) UNY. Tidak hanya itu saja, para tamu undangan pulang juga diberi kenang-kenangan CD profile serta leaflet fakultas. Hal ini dilaksanakan dengan harapan bisa mengenalkan siswa-siswi yang tidak/belum berkunjung tentang FIS UNY, sehingga menambah minat para calon mahasiswa dari sekolah-sekolah tersebut untuk memilih FIS UNY sebagai sekolah lanjutan. Hal ini tentu saja akan membuat FIS semakin dikenal dan meningkatkan brand image fakultas. (Sari)