Dr. TAAT WULANDARI, M.Pd, DOKTOR PERTAMA DI JURUSAN P. IPS

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) kembali menambah jumlah dosen yang berhasil menyelesaikan pendidikan S3. Dr. Taat Wulandari, M.Pd yang juga merupakan staf pengajar di Jurusan Pendidikan IPS kemarin Jumat (17/5) berhasil lulus dalam ujian terbuka dengan mendapatkan predikat cumlaude atau Dengan Pujian.
Disertasi berjudul “Pendidikan Multikultural di SMP Maria Immaculata Yogya dan SMP N 5 Yogya: Studi Pemikiran dan Praktik di SMP Yogyakarta’ berhasil dipertahankan di hadapan dewan penguji yaitu, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed (Ketua), Dr. Dwi Siswoyo, M.Hum (sekretaris), Prof. Dr. Darmiyati Zuhdi, Ed.D dan Prof. Dr. Farida Hanum, dengan promoter Prof. Dr. Zamroni, Ph.D dan co-promotor Prof. Dr. Wuraji, MS.
Taat memaparkan, tujuan pendidikan multicultural akan tercapai bila terdapat kesamaan persepsi antara kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua siswa tentang nilai-nilai multicultural, NIlai-nilai itu seperti bagaimana memberikan kesetaraan, keadilan dan menumbuhkan semangat toleransi pada diri setiap orang.  Perbedaan persepsi tentang nilai-nilai itu akan menghambat terwujudnya kesetaraan, keadilan dan toleransi.
Hal tersebut diatas disimpulkan dan penelitian yang dilakukan di SMP Maria Immaculata Yogya dan SMP N 5 Yogya. Berdasarkan analisa dari kedua sekolah tersebut, Taat menyarankan, sekolah dapat menyusun kurikulum yang memberikan ruang luas bagi berkembangnya identitas kelompok, sehingga tercipta suasana saling menghargai.
Dengan berhasil mempertahankan disertasinya tersebut, Taat berhasil menyelesaikan pendidikan S3-nya dengan masa studi kurang dari 3 tahun, yakni 33 bulan. Selain itu Taat juga merupakan doktor ke 18 di Program Studi Ilmu Pendidikan lulusan dari Program Pasca Sarjana (PPS) UNY. (sari)