Tim FIS UNY Masuk Grand Final AMFIBI ITS EXPO 2013

Tim dari Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang terdiri Ahmad Syaiful Hidayat, Weni Lestari, Rizki Oktaviani masuk Grand Final Sayembara kreativitas menulis untuk bangsa Indonesia AMFIBI ITS EXPO 2013. Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY tersebut bersaing dengan para finalis lainnya yang berasal dari universitas ternama di Indonesia seperti Unair, ITB, ITS, UI, UNHAS, UNIBRAW, UNS, dan Pens.

Sayembara kreativitas menulis untuk bangsa Indonesia AMFIBI ITS EXPO 2013 merupakan bagian dari serangkaian kegiatan dari ITS EXPO yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (BEM ITS). Kegiatan lainnya antara lain: IT Contest, Robot in Action, LKTI, Bussiness Plan, Recycle Art, Fotografi SMA, Musical Competition, Paduan Suara, Dance Competition, dan lain sebagainya.

Penyelenggaraan ITS EXPO merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa keilmuan serta kepedulian akan budaya Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan selama sepekan yakni pada tanggal 21-26 April 2013 di Graha ITS Surabaya. Sedangkan pelaksanaan presentasi lomba karya tulis ilmiah mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 22-23 April 2013.

Sebelum masuk Grand Final, para peserta terlebih dahulu disaring dalam beberapa tahap seleksi oleh para juri yang berkompeten dibidangnya. Tahap pertama adalah tahap seleksi Abstrak yang dilaksanakan pada tanggal 1-7 Februari 2013 untuk gelombang I dan 10-17 Maret 2013 untuk gelombang II. Dalam tahap seleksi abstrak ini dipilih maksimal sebanyak 100 besar abstrak karya tulis terbaik untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya yakni seleksi karya tulis ilmiah. Seleksi karya tulis ilmiah adalah seleksi tahap  kedua yang mana para peserta mengajukan berkas karyanya dalam bentuk hardcopy dan softcopy untuk diseleksi lagi oleh tim penilai dan juri pada tanggal 5-14 April 2013 dan dipilih sebanyak 15 besar karya tulis terbaik untuk mengikuti Grand Final yang dipresentasikan dihadapan dewan juri pada tanggal 23 April 2013 di ITS Surabaya.

Sayembara kreativitas menulis untuk bangsa Indonesia AMFIBI ITS EXPO 2013 mengambil tema besar “Mewujudkan Peradaban Maritim Indonesia”. Tema besar ini dilatarbelakangi oleh realita negara Indonesia yang merupakan negara bahari dan agraris yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hampir 70% bagian negara Indonesia merupakan daerah perairan. Sumber daya alam merupakan salah satu modal dasar pembangunan yang juga harus dilestarikan dan dimanfaatkan secara bijak yakni berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai Agent of Change hendaknya dapat menemukan metode yang dapat digunakan untuk mempertahankan dan mengembangkan sumber daya alam yang telah dimiliki secara maksimal.(Ipung/Eko)