SMA N 1 LABUHAN RATU, DARI PELOSOK BERKUNJUNG KE FIS UNY

“Kami berasal dari pelosok desa, umur sekolah kami baru berjalan 7 tahun ini, namun kami bersemangat ingin ke Fakultas Ilmu Sosial UNY untuk mengenalkan kepada siswa – siswi kami tentang perguruan tinggi yang ada di Jogja dan untuk memberikan gambaran dan motivasi agar para siswa berminat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi khususnya UNY” urai Drs. Ambrosius Haryanto sebagai pimpinan rombongan SMA N 1 Labuhan Ratu, Lampung Timur yang melakukan kunjungan/study banding ke UNY. Pada kesempatan tersebut para siswa yang berasal dari kelas IPS, sejumlah 50 siswa didampingi 4 orang guru berkunjung ke FIS UNY, sedangkan 40 lainnya yang berasal dari kelas IPA berkunjung ke FMIPA.
Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Wakil Dekan (WD) II FIS UNY, Saliman, M.Pd, didampingi oleh staff humas FIS, Sari dan Eko. Pada sambutannya Saliman menjelaskan secara singkat tentang sejarah perkembangan FIS UNY, yang berawal dari FPIPS hingga akhirnya berhasil memekarkan diri menjadi FIS dan FE, yang berarti menjadi satu-satunya Fakultas di UNY yang berhasil memekarkan diri. Saat ini FIS UNY memiliki 7 jurusan, dengan 5 jurusan ilmu kependidikan dan 2 ilmu murni, yaitu,; Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi dan Pendidikan IPS.Untuk ilmu murninya ada jurusan Ilmu Administrasi Negara dan prodi Ilmu Sejarah. Saliman menambahkan saat ini FIS UNY sedang mengajukan 8 prodi baru, namun baru 3 prodi yang mendapatkan lampu kuning dari Dikti. 3 prodi tersebut, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Hukum dan S2 Pendidikan Sejarah.
Sedang untuk informasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), UNY saat ini membuka 3 jalur. Yaitu melalui jalur SNMPTN (Undangan dan Bidik Misi), jalur SBMPTN (Ujian Tulis), dan jalur Seleksi Mandiri (SM) UNY. Selain memberikan info PMB, WD II juga menjelaskan kepada peserta kunjungan tentang laboratorium unggulan yang dimiliki FIS UNY, Lab. Micro Teaching dan Lab IPS Outdoor yang berlokasi di padukuhan Bokoharjo, Prambanan Sleman. Untuk Lab. IPS Microteaching merupakan Lab Microteaching terbaik yang ada di UNY bahkan mungkin di Indonesia. Sedang Lab IPS Outdoor sendiri seluruh Indonesia baru ada 2 perguruan tinggi yang memiliki, yaitu UNY dan UNS. Di lab IPS Outdoor para mahasiswa jurusan Pendidikan IPS khususnya melakukan KKL III disana selama 1 minggu dengan mengikuti pola hidup warga yang ada disana, seperti bercocok tanam, panen, menggembala ternak, dan lain-lain. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang FIS dan UNY pada umumnya diberikan staff humas FIS, Nur Lailly Tri Wulansari. Para peserta terlihat antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan dan mereka sangat berharap bisa menjadi keluarga besar FIS atau UNY kelak. (sari)