FIS UNY, JAMU TAMU DARI CMU

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) mendapat bagian dalam kunjungan mahasiswa Chiang Mai University (CMU), Thailand Program “ASEAN Community Familiarization” di Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan selama sepuluh hari. Sebanyak 30 mahasiswa dengan 3 orang dosen dan staff pendamping Jumat (30/8) dan Selasa (3/9) diajak mengikuti academic program di Merapi dan Kompleks situs Candi Ratu Boko.
Saat mengikuti  lava tour di kompleks gunung merapi, para mahasiswa tersebut terlihat antusias saat mengikuti kunjungan. Dipandu oleh ketua jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY, Dr. Hastuti, M.si dan Dosen Pendidikan Geografi Drs. Heru Purnomo, SU dan beberapa mahasiswa dari jurusan tersebut para peserta bisa mendapatkan penjelasan dan gambaran yang terjadi dari effek meletus/erupsi merapi yang terjadi November 2010 lalu. Tak sedikit mahasiswa Chiang Mai yang mengabadikan momen tersebut, mereka asyik berfoto bersama dengan penduduk dan bukti sejarah yang masih tertinggal dari erupsi tersebut.
Sedangkan pada saat mengikuti tracking di kompleks situs candi ratu boko, tamu dari Chiang Mai pun seperti merasakan kembali ke daerah mereka. Seperti yang disampaikan May, salah satu mahasiswa dari CMU, “I feel like in Thailand, cos the condition same as like in my country. The people, house, field and the temple, we also has it. Because our culture is similar.” Ungkapnya.
Dalam kesempatan tersebut, para tamu dari CMU pun terlihat bersemangat untuk mengikuti academic program yang telah disiapkan oleh tim FIS UNY. Setelah mengiktui tracking di kompleks Candi, mereka pun diajak untuk mengunjungi rumah penduduk, bahkan beberapa diantara mereka sempat mendapatkan suguhan makanan khas “desa bokoharjo”.  
Setelah puas berkeliling rombongan beristirahat bersama di pendopo lab ips terpadu FIS UNY. Disana para rombongan juga mendengarkan sekilas penjelasan tentang kondisi masyarakat Bokoharjo khususnya padukuhan Plempoh yang dilakukan oleh kepala Dukuh Cepit, Aris Gunadi.
Mr. Sakorn Ruanklai selaku Assistant Dean of International College di CMU selaku ketua rombongan mengucapkan terimakasih atas jamuan yang disediakn oleh FIS UNY, yang dalam hal ini dalam bentuk academic program. Dalam kesempatan tersebut mr. Sakorn juga mengajak mahsiswanya untuk mencari tau sebanyak-banyaknya tentang informasi yang bisa diperoleh di komplek erupsi merapi dan komplek situs Candi Ratu Boko. (Sari)