Lagi, Alumni FIS UNY Raih Juara di XL Award 2013

Martino, alumni Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), kembali berhasil menjadi yang terbaik pada ajang bergengsi XL Award 213 kategori karya tulis umum yang diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk. XL Award merupakan kompetisi bergengsi tingkat nasional yang secara rutin digelar oleh PT XL Axiata Tbk dengan total hadiah Rp 190 juta yang meliputi kategori karya tulis umum, karya tulis wartawan, karya foto umum, karya foto wartawan, serta publikasi di jejaring sosial Facebook dan Twitter. XL Award tahun 2013 ini merupakan gelaran yang ke-8 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 dengan tema secara umum seputar perkembangan telekomunikasi, industri seluler, inovasi layanan, teknologi terbaru serta dampak dan manfaatnya bagi masyarakat. XL Award 2013 dimulai sejak 1 Maret 2013 dan berakhir pada 31 Agustus 2013. Pada gelaran kali ini, XL Award diikuti oleh 1.970 peserta yang tediri dari 449 peserta kategori karya tulis umum, 127 peserta kategori karya tulis wartawan, 916 peserta kategori foto umum, 395 kategori foto umum dan 96 peserta kategori publikasi media sosial.
Dalam kesempatan tersebut, Martino memilih tema pilihan konvergensi IT dan Telekomunikasi serta keuntungannya bagi masyarakat sebagai tema utama dalam karyanya. Melalui tema tersebut, martino mengusung judul tulisan, Mewujudkan Generasi Berencana via Ranah Broadband. Pada acara penyerahan penghargaan yang dilaksanakan Senin, 11 November 2013 di XXI Club, Djakarta Theater Building, Martino berhasil menyabet juara pertama kategori karya tulis umum, menggungguli ratusan karya peserta lainnya yang berasal dari berbagai daerah. Adapun juara kedua diraih oleh Hendris Wongso (Bandung) dan juara ketiga diraih oleh Nian Astiningrum (Palembang). Karya Tulis para peserta pada ajang ini telah dinilai oleh para pakar dibidangnya yaitu Nonot Harsono (pemerhati masalah telekomunikasi), Budi Rahardjo (pakar telekomunikasi ITB), dan Henry Wijayanto (Manager Public Relation XL).
Atas raihan prestasi tersebut, Martino berhak atas hadiah berupa piala, piagam dan sejumlah uang. Ini merupakan kesuksesan kedua bagi Martino pada ajang XL Award setelah pada tahun 2011 berhasil meraih juara 2 pada kategori yang sama. Dengan keberhasilan ini, Martino yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Alumni Ilmu Administrasi Negara FIS UNY berharap dapat memotivasi para generasi muda lainnya untuk terus berkarya menyumbangkan ide, gagasan dan pikirannya demi kemajuan masyarakat dan bangsa. (Martino/ Eko)