SMA N 1 TANJUNG SARI KUNJUNGI LAB PKnH FIS UNY

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) kemabli menerima kunjungan dari siswa SEkolah Menegah Atas (SMA). Yang berkunjung pada Rabu (20/11) adalah SMA N 1 Tanjung Sari, Gunung Kidul. Pada kesempatan ini sebanyak 145 orang yang merupakan siswa kelas IPA dan IPS ini ingin mengetahui tentang FIS UNY, khususnya jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH). Rombongan yang dipimpin oleh Drs. Trimo ini diterima oleh Ketua Jurusan (Kajur) PKnH, Dr. Samsuri, M.Ag dan beberpa daosen dari jurusan tersebut.
Dalam kunjungannya tersebut para siswa tidak hanya ingin mengetahui tentang FIS UNY dan jurusan PknH saja, lebih jauh mereka juga ingin melihat secara langsung laboratorium yang dimiliki oleh jurusan PKnH. Menurut beberapa siswa yang ditanyai oleh reporter humas, menyampaikan disekolahnya belum ada Lab PKn, maka dari itu mereka penasaran ingin melihat lab PKn itu seperti apa?
Sedangkan Dr. Samsuri dalam sambutannya menyampaikan bahwa mereka sangat senang mendapat kunjungan dari siswa siswi SMA N 1 Tanjung Sari.  Dalam penjelasannya Sam menyanpaikan bahwa FIS UNY mendapat bantuan dari IDB untuk pembangunan laboritorium. Salah satunya adalah Lab PKnH. Oleh sebab tiu, saat ini lab PKnH FIS UNY, mungkin jauh dari layak, karena sedang dalam tahap pembangunan gedung baru. Hampir semua barang-barang/ koleksi lengkap lab dipindah ke jurusan. Fasilitas lab seperti maket dan alat peraga persidangan, hasil portofolio mahasiswa, bahan ajar, hasil karya mahasiswa, media pembelajaran mahasiswa dan beberapa koleksi buku-buku.
Selain Laboratorium PKnH, FIS UNY juga mempunyai laboratorium lain yang dimilki oleh semua jurusan dan prodi baik yang berada di lingkungan FIS sendiri maupun yang berada di luar kampus FIS. Laboratorium IPS Terpadu (Outdoor) misalnya. Labortarium ini terletak di kawasan Situs Candi Ratu Boko.
Sam juga menjelaskan bahwa mulai tahun depan, FIS UNY akan membuka 2 prodi baru yaitu, pasca sarja pendidikan Sejarah dan S2 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Untuk itu Sam berharapa bagi para guru PKn dan sejarah di SMA N 1 Tanjung Sari jika ingin melanjutkan kuliah S2 bisa mendaftar Di FIS UNY. Dalam kesempatan tersebut pula, Sam juga membrikan informasi, bahwa pada tanggal 5 Desember mendatang, PKNH FIS UNY akan mengadakan Seminar Nasional (Semnas) tentang HAM dan Sarasehan bagi guru PKNH yang akan membahas tentang Implementasi Kurikulum 2013. Sedangkan tanggal 6 Desember, akan digelar kajian tentang langkah besar yang telah dilakukan oleh Guru Besar pertama jurusan PKnH yang waktu itu masih Civic Hukum, Prof. Lafran Pane. (Sari)