Mahasiswa Geografi UNY Juara Lomba Paper IMAHAGI

Dua mahasiswa Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari Janu Muhammad dan Pambayun Hari Setiawan kembali mengharumkan nama UNY dengan meraih Juara II dalam ajang Geography Paper Competition se-Jawa yang berlangsung di UNWIDHA Klaten 13 Desember 2013. Kegiatan ini merupakan lomba paper bagi mahasiswa Geografi dari seluruh daerah di Pulau Jawa yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI).
Lomba paper dengan tema “Peranan Ruang Terbuka Hijau Dalam Paradigma Pembangunan Indonesia” ini dilatarbelakangi oleh perlunya pemahaman dan kesadaran mengenai penciptaan kondisi Ruang Terbuka Hijau dan Pembangunan yang ramah lingkungan melalui kepedulian dan rasa cinta terhadap lingkungan. Tujuan utama lomba paper IMAHAGI Region III ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya mahasiswa geografi akan pentingnya peranan ruang terbuka hijau dalam paradigma pembangunan Indonesia.
Finalis 3 besar dalam Geography Paper Competition tersebut diraih oleh tim dari UNY dan tim dari UGM. Tim dari FIS UNY yang juga pengurus UKMF Penelitian SCREEN mengangkat judul “Taman Vertikal Susun (Vertical Garden Stacking) Sebagai Solusi Degradasi Ruang Terbuka Hijau di Kota Yogyakarta”. Ide dari pembuatan paper ini adalah karena belum adanya inovasi penerapan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan ruang yang sempit di tengah Kota Yogyakarta. “Kami menyusun konsep taman vertikal, yaitu taman tegak yang dibangun di pagar rumah atau dinding rumah dengan konsep khusus” tutur Pambayun. Taman vertikal tersebut berupa taman tegak dengan tanaman Markisa sebagai tanaman utama. Selain efektif dan inovatif, adanya taman ini akan menghasilkan nilai ekonomis karena buahnya bisa diolah menjadi sirup.

Ide sederhana ini memerlukan kolaborasi antara mahasiswa, masyarakat, dan kerja sama dengan Bambang yang merupakan penggiat lingkungan dan saat ini tinggal di Maguwoharjo. Harapannya, konsep taman vertikal ini bisa diterapkan di Kota Yogyakarta dan menjadi sebuah RTH privat maupun RTH publik. Semoga dengan prestasi ini bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan di Indonesia dan semakin mngajak mahasiswa UNY untuk meneliti, menulis, dan memberikan kebermanfaatan bagi kampus tercinta.(Janu Muhammad)